Perlunya Gerakan Kampung Tangguh, Menuju Indonesia Bersinar Bebas Narkoba

Foto ilustrasi (ist/antara.news)

Penulis : Yuswardi Ardi Putra SH MH

MEDANHEADLINES.COM – Guna mencegah dan memberantas narkoba dari bumi pertiwi Indonesia, berbagai hal telah dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) yang menjadi garda terdepan dalam penanganan permasalahan penyelahgunaan narkotika.

Segala daya upaya, dengan langkah taktis dan strategis dilakukan, guna mewujudkan Indonesia Bersinar Bebas Narkoba. Teranyar, gerakan kampung tangguh bebas narkoba cukup efektif menekan angka peredaran narkoba. Sebab, dalam hal ini, BNN melibatkan peranan aktif masyarakat di suatu kampung, untuk ikutserta menjadi relawan anti narkoba.

Di berbagai kota-kota besar, kampung tangguh bebas narkoba sudah mulai digalakkan. Seperti di Medan, yang dulunya dikenal sebagai kampung kubur, dengan pemasok narkoba terbesar di kota Medan, kini sudah bertransformasi ke kampung tangguh sejahtera bebas dari narkoba.

Bahkan, BNN, Kepolisian dan warga setempat mendirikan Perkumpulan Pemuda-Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), yang berperan aktif dalam pemberantasan segala bentuk narkoba dari kampung tersebut.

Nah, yang uniknya di kampung sejahtera ini, ketua kelompok tersebut dipimpin oleh mantan bandar narkoba yang sudah tobat setelah menjalani masa hukuman. Kredibilitas kampung tersebut pun sudah teruji, setelah beberapa tahun belakangan, bisa dikatakan bebas dari narkoba.

Begitu juga di berbagai tempat lainnya. Kampung tangguh bebas narkoba sudah digalakkan guna menekan dan memberantas peredaran narkoba.

Upaya melibatkan peranan aktif warga sekitar di setiap kampung yang diidentifikasi sebagai rawan narkoba, tentu sangat efektif diberlakukan.

Tentu, dalam proses mewujudkan kampung tangguh bebas narkoba, tidak bisa ujuk-ujuk hilang, bagaikan mantra simsalabim abrakadabra. Namun, dimulai dari tahapan-tahapan kecil, hingga benar-benar mewujudkan bebas narkoba.

Kegiatan-kegiatan positif warga kampung pun harus digalakkan, guna memberikan ruang kreativitas positif bagi warga. Berbagai pelatihan-pelatihan ketrampilan pun dapat direalisasikan bagi warga.

Hal ini pun diharapkan dapat menciptakan ruang, untuk terciptanya lapangan kerja yang baik bagi warga di kampung tersebut. Sehinga, dapat membantu sendi-sendi perekonomian yang halal di tatanan masyarakat. Dengan diberlakukan hal ini, tentunya juga meningkatkan kesadaran masyarakat setempat, bahwa bebas narkoba sangat bagus dan memberikan ruang-ruang positif dalam menjalani kehidupan. (raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.