Dana Desa di Sepanjang Selatan Provinsi Aceh

MEDANHEADLINES.COM,  – Berdasarkan Undang-Undang Desa, Dana Desa merupakan dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukan bagi Desa melalui APBD kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Dana Desa dapat dijadikan sebagai sumber pemasukan di setiap desa contohnya seperti peningkatan sarana prasarana, penguatan kelembagaan, serta pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

Adapun arah kebijakan dana desa 2021 sesuai PMK Nomor 17 Tahun 2021 yaitu Pemulihan Perekonomian Desa dikarenakan dampak dari penyebaran virus Covid-19 dan Pengembangan Sektor Prioritas.

Artikel ini membahas berbagai manfaat Dana Desa yang dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya di daerah lingkup KPPN Tapaktuan yang terdiri dari 4 kabupaten/kota yaitu Kab. Aceh Selatan, Kab. Aceh Singkil, Kab. Aceh Barat Daya, dan  Kota Subulussalam di sepanjang Tahun 2021.

Menurut data OMSPAN DAK Fisik dan Dana Desa pada bulan Desember 2021, KPPN Tapaktuan sudah menyalurkan Dana Desa di 4 kabupaten/kota dengan rincian 260 desa di Kabupaten Aceh Selatan dengan realisasi sebesar Rp192.891.607.600 (93,97% dari DIPA), 116 desa di Kabupaten Aceh Singkil dengan realisasi Rp107.535.568.600 (99,5% dari DIPA), 152 desa di Kabupaten Aceh Barat Daya dengan realisasi Rp111.877.655.200 (93,37% dari DIPA), dan 82 desa di Kota Subulussalam dengan realisasi Rp66.827.223.000 (94,89% dari DIPA).

Di setiap realisasi tersebut terdapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diterima masyarakat tiap bulannya. Pemanfaatan ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yaitu memperkuat upaya penanggulangan dampak Covid-19 dan perlindungan sosial bagi kelompok rentan dan kurang mampu.

Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Singkil yang dilansir dari beberapa media elektronik, memanfaatkan Dana Desa untuk pemasangan jaringan internet untuk memperlancar komunikasi dan pelayanan. Program tersebut sesuai dengan Arah Kebijakan Dana Desa Tahun 2021 yaitu Pengembangan Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui pengembangan Desa Digital.

Pemerintah Gampong krueng Kluet, melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Gampong bagi sebagian warga masyarakat yang terdampak COVID-19 yang akan diberikan langsung ke KPM di Gampong Krueng Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. BLT tersebut telah sesuai dengan Arah Kebijakan Dana Desa Tahun 2021 yaitu Pemulihan Perekonomian Desa.

Pemerintah Gampong Panton Raya, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) telah menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) kepada 18 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kantor Keuchik gampong setempat. Momen tersebut juga dimanfaatkan bagi pemda setempat untuk melaksanakan vaksinasi dengan lancer.

Data rincian kegiatan Dana Desa Tahun 2021 yang dilansir dari OMSPAN DAK Fisik dan Dana Desa juga memaparkan kegiatan-kegiatan yang berfokus pada peningkatan sarana/prasarana, pembangunan sekolah milik desa, posyandu, jalan, sanitasi, pengadaan transportasi desa serta kegiatan lainnya yang bersifat membangun desa.

Tujuan disalurkannya dana desa adalah sebagai bentuk komitmen negara dalam melindungi dan memberdayakan desa agar menjadi kuat, maju, mandiri dan demokratis khususnya di lingkup KPPN Tapaktuan dan dengan adanya Dana Desa, diharapkan dapat menciptakan pembangunan desa yang adil, makmur dan sejahtera.

 

Penulis : Alvi Syahrin Sitompul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.