Maf’ul Taufiq dan KAHMI Medan : Smart Society 5.0 dan Simbol Perubahan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Kakanda Taufiq, Begitulah Biasanya para Kader HMI dari Fakultas ekonomi USU Memanggilnya. Pria Bernama Lengkap Maf’ul Taufiq itu memang dikenal dekat dengan para kader organisasi mahasiswa yang didirikan oleh Lafran Pane 5 febuari 1947 silam itu

Bagaimana tidak, Pria yang berprofesi sebagai Dosen Akuntansi di Universitas Panca budi ini memang kerap diundang oleh kader-kader HMI untuk mengisi diskusi tentang berbagai hal, Baik kemahasiswaan hingga dunia enterpreunership.

Asam garam menjadi kader ‘Hijau Hitam” pun Kerap diceritakannya kepada kader-kader muda agar bisa dijadikan motivasi dalam berorganisasi. Tak Heran, Meski Masuk Kuliah Pada Tahun 1990 namun ia masih menjalin komunikasi dengan baik dengan para kader komisariat hingga saat ini

Tak hanya dikenal oleh Kader Komisariat Ekonomi USU Saja, Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kabid Internal BADKO HMI ini juga dikenal baik oleh Alumni-Alumni dari Komisariat lainnya.

Hal ini wajar terjadi karena, Silaturahmi yang dijalin Sewaktu menjadi pengurus dua dekade yang lalu memang masih sangat erat terjadi hingga kini

Budaya Kritis yang ia dapatkan sejak Kuliah pun kini selalu diterapkan dalam pekerjaannya saat ini, Ia mengaku, tanpa Ilmu yang didapatkannya dari HMI dulu maka ia tak kan bisa menjadi seperti saat ini.

” Salah satu Kuncinya adalah di fokus dan selalu enerjik,” Ungkap pria yang juga bertugas di PT XL sejak tahun 2001 Ini

Kecintaannya terhadap HMI jugalah yang mengantarnya masuk kedalam wadah para Alumni Yaitu KAHMI. Menurutnya, KAHMI lah satu-satunya organisasi yang dapat menghimpun para alumni HMI dengan berbagai macam latar belakang untuk melakukan perubahan.

” Saya sejak Masuk ke HMI Memulainya dari bawah, Dulu dari pengurus komisariat, Kemudian diamanahkan menjadi Sekum FE USU, Berlanjut menjadi Wasekum di Badko Hingga Menjabat sebagai Kabid Internal di Badko Sumut, Begitu Pula saat masuk ke KAHMI, Mulai dari Panitia MUSDA ditahun 2005 Hingga menjadi Pengurus KAHMI Medan. Dan Saya menikmati setiap proses yang ada,” Ungkap pria yang juga menjabat sebagai ketua serikat pekerja PT XL West Region Sejak Tahun 2010 itu

Maju Sebagai Ketua KAHMI

Meski namanya tak Setenar Senior-senior HMI Yang Lain, Namun Dalam hal Visi dan Misi, Taufiq tak gentar. Menurutnya banyak hal yang harusnya bisa dilakukan oleh KAHMI namun masih belum terlaksana selama ini.

Bagai gayung bersambut, Rekan-rekan Alumni lintas generasi kemudian memberikan kepercayaan dan dukungan kepadanya agar maju dalam konstalasi pemilihan Ketua KAHMI yang akan digelar 9-10 April

Mendapat amanah seperti ini, Maf’ul Taufiq pun kemudian memuntahkan ide-ide selama ini. Ia bercita-cita agar Wadah Alumni HMI ini Nantinya bukan hanya bisa menyesuaikan diri dengan zaman, tetapi dapat mengatur zaman.

Ia juga menawarkan Visi yaitu Mewujudkan Masyarakat Cita Melalui Smart Society 5.0 Yang Berguyub, Berdaya dan Berguna

Menurutnya, Salah satu Kelemahan dari organisasi selama ini adalah ketidaksiapan dalam membangun ekonomi. Untuk Itu, Sebagai Seorang Akademisi dan juga praktisi ia berkeingingan mengejawantahkan ilmunya ini ke Organiasasi.

” Saat ini era digitalisasi, Para Almunni harus jeli melihat peluang-peluang untuk meningkatkan ekonomi, Artinya butuh inovasi-inovasi agar organisasi bisa melakukan perubahan sesuai insan cita,” Ungkap Pendiri Koperasi Pengusaha KAHMI Medan Ini.

Ia juga akan memprioritaskan sejumlah program kekinian antara lain Membentuk Inkubator usaha bisnis dan Teknologi di KAHMI, Membangun Big Data, Memfasilitasi Beasiswa dan akan membangun kolaborasi internal KAHMI dengan Pemerintah dan Masyarakat.

“ Kita harus dapat membangun para Alumni HMI Medan Menjadi lebih Berkualitas dan mampu menghadapi Tantangan di Era Digitalisasi dan Pandemi,” Ungkap Ma’ful Taufiq

Dukungan Lintas Generasi

Keberanian Maf’ul Taufiq untuk maju sebagai kandidat Ketua KAHMI Medan ini juga tentunya berkat banyaknya dukungan dari para alumni lintas generasi, Sejumlah nama dengan latar belakang yang berbeda dipercaya Maf’ul akan memperkaya kepengurusannya di KAHMI Kelak.

Apa lagi, Dukungan tersebut banyak muncul dari tokoh-tokoh HMI muda seperti Aktivis Buruh Jaenal Abidin,PhD, Politisi Muda Dedi Arfan, S.Sos, Mantan Ketua Badko Sumut Septian Chaniago, Mantan pengurus PB HMI Ahmad Sani S.E, Sejumlah Mantan Ketua HMI Cabang Medan serta Sejumlah pengurus KNPI Sumut Seperti Anwar Sadat Siregardan Muhammad Siddiq.

” Saya yakin, Dengan dukungan alumni muda dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda akan menjadi potensi besar dalam membangun KAHMI menjadi lebih baik,” Jelasnya

Tak Hanya Itu, Majunya Maf’ul dalam pemilihan ketua KAHMI Ini juga mendapat dukungan dari Syafrizal Helmi. Mantan Presiden Mahasiswa USU di era Reformasi itu memberikan dukungan penuh atas majunya Ma’ful.
Menurut Doktor dibidang ekonomi itu, Sosok Ma’ful sangat layak untuk memimpin KAHMI Kedepan karena selain masih tergolong muda juga memiliki kompetensi.

” Sudah Saatnya Regenerasi, Pemimpin yang dibutuhkan saat ini harus melek teknologi dan bisa melakukan inovasi-inovasi, Apalagi saat ini kita sedang berada di Era Digitalisasi,” Pungkasnya.

Menambahi Syafrizal Helmi, Alumni Komisariat Ekonomi Lainnya Rikwan Manik mengatakan, Momentum Musda tahun ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mengembalikan Ghiroh para alumni HMI untuk dapat kembali bersilaturahmi

” Musda Jangan Hanya dijadikan ajang politisi para Alumni HMI saja, Tetapi harus juga menjadi ajang silaturahmi. Terkait kepemimpinan, Kita berharap terpilihlah pemimpin yang dibutuhkan saat ini, pemimpin yang mampu menjawab tantangan zaman, berkompeten dan mampu menyatukan tali silaturahmi antar generasi,” Tutup Aktivis 98 itu (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *