Potensi Perikanan Indonesia Bisa Saingi Negara Produsen Perikanan Dunia 

MEDANHEADLINES, Medan – Besarnya Potensi Perikanan di Indonesia yang merupakan negara kepulauan sangat berpotensi menyayingi negara produsen perikanan di dunia lainnya Seperti China, Peru, dan Amerika Serikat.

“Potensi sumber daya ekonomi berbasis kelautan dan perikanan kita sangat besar,” kata Anggota Komisi IV DPR RI H Fadly Nurzal, saat menyampaikan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan dan Petambak Garam di Belawan.
Menurutnya, sebagai sebuah negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya terdiri laut, Potensi perikanan yang dimiliki merupakan potensi ekonomi yang dapat dimanfaatkan untuk masa depan bangsa, dan sebagai tulangg punggung pembangunan nasional.
“ Jika  dapat dimanfaatkan secara optimal dan diarahkan pada pendayaan sumber daya ikan yang memperhatikan daya dukung yang ada dan kelestariannya,Maka dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan taraf hidup nelayan kecil, dan pembudi daya ikan kecil, serta petambak garam,” jelasnya
Selain itu, tambah fadli,Hal ini dapat meningkatkan penerimaan dari devisa negara, menyediakan perluasan dan kesempatan kerja, meningkatkan produktivitas, nilai tambah dan daya saing hasil perikanan, serta menjamin kelestarian sumber daya ikan, lahan pembudidayaan ikan serta tata ruang.
Fadli juga mengungkapkan,dengan luas perairan laut 5,8 juta kilometer persegi (Km2) atau dua pertiga luas wilayah NKRI diprediksi mampu menghasilkan perikanan tangkap yang mencapai 6,5 juta ton ikan per tahun.
Selain itu, potensi lahan budi daya laut mencapai 12,5 juta hektare dan budi daya air payau 2,96 juta hektare. 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, 950 spesies biota terumbu karang, 52 spesies lamun, dan 202 spesies mangrove.
“Sebagian besar objek wisata terkait dengan laut dan cadangan minyak bumi sebanyak 9,1 miliar barel juga berada di laut,” Pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.