Sebut Pemain Bola Wanita Berdada Rata Dan Tak Menarik, Presiden Tanzania Dikritik Keras

Samia Suluhu Hassan. (Twitter/@suluhusamia)

MEDANHEADLINES.COM – Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan dikritik secara keras karena sebut pemain bola wanita di negaranya memiliki dada rata dan tidak menarik untuk dinikahi.

Menyadur BBC Selasa (24/08), pernyataan itu keluar saat ia menjamu tim sepak bola pria U-23 Tanzania di State House di kota pesisir Dar es Salaam.



Hassan mengatakan pemain bola wanita membuat Afrika Timur bangga dengan prestasinya tapi beberapa tidak memiliki kesempatan untuk menikah karena penampilan mereka.

“Jika kita membawa mereka ke sini dan menjajarkannya, bagi mereka yang berdada rata, Anda mungkin mengira mereka laki-laki – bukan perempuan,” katanya.

Dia mengatakan sementara beberapa olahragawan menikah, kebanyakan dari mereka tidak, “dan untuk cara mereka, pernikahan hanyalah mimpi”.


Di tempat lain dalam pidatonya, dia mengatakan bahwa olahragawan memiliki kehidupan yang sulit setelah karir mereka dan meminta pihak berwenang untuk memastikan mereka dirawat di masa pensiun.

Dia mencatat bahwa itu sangat sulit bagi wanita “di mana kaki mereka lelah, ketika mereka telah pensiun dari olahraga”.

Kepala sayap wanita dari partai oposisi Chadema dan mantan anggota parlemen, Catherine Ruge turut melempar kritik atas komentar itu.

“Komentar presiden @SuluhuSamia tentang pesepakbola wanita merupakan penghinaan bagi semua wanita.”
Sementara peneliti gender dan kesehatan mental @Sajokm mengatakan terkejut dengan pidato tersebut.(Red/suara.com)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.