Kelompok Bersenjata Serang Lapas, 1.800 Tahanan Kabur

Ilustrasi penjara.[Unsplash/Emiliano Bar]

MEDANHEADLINES.COM – Lebih dari 1.800 tahanan melarikan diri dari penjara di Nigeria setelah terjadi serangan oleh kelompok militan bersenjata.

Menyadur Sky News, Rabu (7/4/2021) sebuah kelompok bersenjata menyerbu penjara di kota tenggara Owerri. Kelompok itu sebelumnya meledakkan jalan di sekitar lapas.

Insiden itu termasuk serangkaian serangan terkoordinasi yang diluncurkan pada Senin dini hari, yang juga menargetkan kantor polisi dan militer di ibu kota negara bagian Imo.

Polisi Nigeria menuduh serangan itu dilakukan oleh sayap paramiliter dari gerakan separatis terlarang di wilayah yang disebut Jaringan Keamanan Timur. Namun, kelompok itu membantah terlibat.
“Pusat Penjagaan Owerri di negara bagian Imo telah diserang oleh orang-orang bersenjata tak dikenal dan secara paksa membebaskan total 1.844 narapidana di dalam tahanan.” jelas seorang juru bicara penjara Nigeria.

“Upaya sedang dilakukan untuk menangkap kembali tahanan yang melarikan diri.” imbuhnya.

Sebuah pernyataan polisi terpisah mengatakan: “Upaya para penyerang untuk mendapatkan akses ke gudang senjata polisi di markas telah digagalkan secara total dan tepat.”

Serangan itu terjadi kurang dari dua minggu setelah sebelumnya di bagian tenggara Nigeria juga terjadi insiden kerusuhan.

Selusin petugas keamanan tewas dalam serangan di empat kantor polisi, pos pemeriksaan militer dan kendaraan penjara.

Kelompok tersebut juga mencuri amunisi dari gudang dalam jumlah besar. Serangan tersebut hingga kini tidak diklaim oleh kelompok mana pun. (Red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *