Berusia 110 Tahun, Wanita Tertua di Malaysia ini Ungkap Rahasia Panjang Umurnya

Nenek 110 Tahun Jadi Wanita Tertua di Malaysia (youtube.com/RAAGA)

MEDANHEADLINES.COM – Seorang nenek 110 tahun bernama Annamah Abukutty resmi dinyatakan sebagai wanita tertua di Malaysia yang masih hidup hingga kini.

Melansir World of Buzz, Annamah Abukutty resmi dinyatakan sebagai wanita tertua setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-110 pada Rabu, 31 Maret 2021 silam.

Rekor Annamah Abukutty ini bahkan sudah dicatat oleh Malaysia Book of Records (MBR). Terlepas dari usianya, nenek yang juga akrab disapa Patti Annamah tersebut juga masih aktif.

Annamah lahir di Thachambadi, Tamil Nadu, India. Sebelum Perang Dunia II, dirinya melakukan migrasi dan pindah ke Malaysia.

Menurut sang putra, M. Subramaniam, ibunya sering memberikan saran seputar kesehatan dan tips panjang umur. Annamah memang dikenal ahli dalam obat-obatan herbal.

Annamah sendiri kini tinggal di Batu Gajah, Perak. Nenek 110 tahun ini memiliki 4 orang anak, 17 cucu, dan 4 cicit. Selain ahli obat herbal, dirinya juga sering membantu sebagai bidan, memberi pijat refleksi, dan membuat tato.

Menurut putranya, rahasia panjang umur Annamah adalah melakukan puasa, meditasi, serta obat-obatan herbal.
Meski Annamah kini memakai kursi roda dan mengalami kebutaan di mata kiri, nenek satu ini masih aktif. Annamah juga bisa berbahasa Tamil dan Melayu, serta punya ingatan kuat.

“Beliau konsisten dengan rutinitasnya untuk menjaga kesehatan. Beliau juga puasa setiap Senin untuk detoks, tapi sudah berhenti melakukannya 15 tahun lalu.”

Selain itu, obat-obatan herbal yang dibuat oleh Annamah ternyata juga dikenal sebagai produk kesehatan. Produk tersebut bahkan dijual di pasaran.

Annamah Abukutty sendiri menerima penghargaan langsung dari Malaysia Book of Records tepat di hari ulang tahunnya kemarin. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh chief operating officer MBR, Christopher Wong.(Red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *