Dicap Makanan Ndeso, Namun Pisang Rebus Miliki Banyak Khasiat

Ilustrasi pisang. [Shutterstock]

MEDANHEADLINES.COM – Makanan yang satu ini, memang kerap menjadi sajian kuliner di pedesaan. Itu kenapa, akhirnya dikenal dengan sebutan makanan ndeso.

Meski demikian, pisang rebus ternyata kaya manfaat terutama meningkatkan imunitas tubuh di situasi pandemi seperti saat ini.

Salah satu jenis pisang yang paling cocok direbus yakni pisang kepok. Pisang jenis ini memiliki kulit yang tebal, serta daging yang padat, dan kenyal.

Di pasaran ada beberapa jenis pisang kepok, yaitu pisang kepok kuning dengan warna daging putih dan merah dengan warna daging kuning tua cenderung oraye.

 

Pisang kepok mengandung unsur karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, potassium, asam amino, antasida, dan zat besi.

Kandungan tersebut tak akan hilang jika direbus.

Selain menjaga imin tubuh, berikut manfaat lain dari pisang ndeso ini

Baik untuk pencernaan

Pisang kepok rebus dapat melancarkan pencernaan. Termasuk mencegah sembelit, menjaga berta badan.

Sebab Vitamin B6 dalam buah kepok bisa membantu sistem metabolisme/pencernaan dalam tubuh. Kadar lemaknya cukup rendah, sehingga cocok untuk diet.

Karbohidratnya juga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Menjaga kesehatan

Kesehatan kita akan terjaga jika rutin konsumsi pisang kepok rebus. Pisang ini mengandung kalium/ potasium yang berfungsi membentuk sel, jaringan dan organ tubuh. Kesehatan ginjal juga akan terjaga berkat kalium.

Prebiotik fructooligosaccharide membantu tulang untuk menyerap kalsium dengan lebih baik. Bukan kalsium, karena kalsium tidak ditemukan pada pisang kepok rebus.

Sehingga pisang kepok rebus sangat baik untuk membantu menguatkan tulang.

Pisang kepok rebus juga dapat mengontrol tekanan dan gula darah.

Ibu hamil juga dianjurkan mengonsumsi pisang kepok rebus, karena dapat meningkatkan energi. Pisang kepok juga dapat mencegah pembekakan kaki yang terjadi karena kurang potasium. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *