Ibu Hamil dengan Gizi Buruk dan Anemia Rentan Terinfeksi Covid-19

Ilustrasi ibu hamil anemia. (Shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Perubahan sistem imun yang terjadi pada masa kehamilan disebut-sebut dapat membuat ibu hamil lebih rentan terinfeksi Covid-19. Khususnya pada ibu hamil dengan gizi buruk dan anemia.

Hal ini disampaikan oleh dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG, KFER, yang mengatakan bahwa gizi buruk dan anemia adalah salah satu penyebab imunitas ibu hamil menjadi rendah, yang pada gilirannya membuat mereka rentan terinfeksi Covid-19.

 

“Jadi, ibu hamil dengan gizi buruk, ibu hamil dengan anemia, itu memang harus mendapat catatan penting. Mereka mungkin masuk ke dalam golongan yang lebih rentan,” ungkapnya dalam webinar yang diselenggarakan Suara.com, bekerja sama dengan Satgas Covid-19, pada Jumat (20/11/2020).

Begitupula dengan ibu hamil dengan komorbid atau penyakit penyerta, misalnya ibu hamil dengan riwayat diabetes dan hipertensi yang memang lebih berisiko mengalami kondisi yang buruk atau derajat yang berat saat terinfeksi Covid-19.
Namun, dokter yang akrab disapa dengan dr. Bee ini mengatakan bahwa penelitian WHO mengungkap tidak ada perbedaan kerentanan terinfeksi Covid-19 antara ibu hamil yang sehat dengan yang tidak hamil.

“Kemudian derajat terkena Covid-19 ini pada ibu hamil sehat, apakah lebih berat? Itu juga belum dikonfirmasi. Jadi penelitian ada yang bilang iya, ada yang bilang enggak,” tutupnya. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *