Masalah Jerawat Punggung? Ini Cara Menangkalnya

Ilustrasi jerawat di punggung. (Shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Jerawat umumnya muncul di wajah. Tetapi pada sebagian orang, jerawat juga bisa muncul di area punggung sampai lengan.

Selain karena faktor hormonal, kondisi tersebut dipengaruhi oleh tingkat kebersihan seseorang.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Hari Darmawan Sp. KK. mengatakan, jerawat pada area punggung bisa disebabkan karena keringat yang menumpuk.

 

“Memang jerawat gak hanya muncul di wajah, bisa juga di punggung. Apalagi karena sekarang aktivitas kita sudah new normal, sudah mulai olahraga lagi, aktivitas di luar, kadang-kadang, apalahi laki-laki, pakai baju yang bahannya sulit menyerap keringat, jadinya numpuk,” kata dokter Hari dalam webinar bersama Sariayu, Sabtu (14/11/2020).
Jika keringat yang menumpuk itu tidak dibersihkan dengan baik saat mandi, maka sel kulit mati juga akan menumpuk.

Apalagi area punggung dikenal sulit dijangkau oleh tangan sendiri saat mandi. “Itu yang bikin penumpukan sel kulit mati yang jadi jerawat. Jadi kalau mandi harus-harus benar dibersihkan,” ujarnya.

Selain bisa jadi penyebab jerawat, keringat berlebih juga jadi pemicu masalah bau badan. Dokter Hari menganjurkan untuk menghindari makanan yang tinggi lemak juga terlalu pedas.

“Karena makanan tinggi lemak dan pedas itu memicu keringat makin banyak. Memicu infeksi bakteri jadi bikin bau badan. Hindari bawang juga karena sangat menyengat baunya dan memicu bau badan jadi makin pekat,” tutupnya.  (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *