Kasus Pelecehan Seksual, Jendral Bintang 2 Ini Jadi Terdakwa

Ilustrasi angkatan udara Amerika. [Shutterstock]

MEDANHEADLINES.COM– Angkatan Udara AS mendakwa seorang perwira bintang dua atas pelecehan seksual yang dilakukan pada warga sipil. Menyadur USA Today Rabu (11/11), korban juga bukan anggota Departemen Pertahanan.

Mayor Jenderal Angkatan Udara William Cooley didakwa dengan satu tuduhan penyerangan seksual pada Agustus 2018. Ia diduga merayu secara seksual, seperti mencium dan menyentuh seorang wanita.

Cooley akan menghadapi sidang pendahuluan Pasal 32, serupa dengan grand jury sipil, pada 27 Januari, di mana seorang hakim militer senior akan meninjau dakwaan tersebut.

 

Hakim kemudian bisa memutuskan untuk mengirim kasus tersebut ke pengadilan militer.

Pengacara Cooley, Daniel Conway membantah tuduhan tersebut dan mengatakan Angkatan Udara tidak memiliki bukti yang mendukung.

Conway juga mengatakan pesan suara dari para saksi bisa menjadi bumerang bagi para penuduh.

“Pada 27 Januari, kami bermaksud untuk menunjukkan bahwa Jenderal Cooley tidak bersalah menggunakan kata-kata penuduh itu sendiri untuk melawan pemerintah,” kata Daniel Conway.

Sementara itu pengacara korban, Ryan Guilds berharap kebenaran akan.

“Korban tahu apa yang terjadi, bukti apa yang akan ditunjukkan, dan apa yang dilakukan terdakwa, kata Ryan Guilds.

Berdasarkan investigasi USA Today tahun 2017, ditemukan bahwa sejak 2013 penyelidik telah mendokumentasikan setidaknya 500 kasus pelanggaran serius di antara para jenderal, laksamana, dan warga sipil senior.
Hampir setengah dari kasus tersebut melibatkan penyimpangan pribadi atau etika, termasuk perzinahan, pelecehan seksual, dan penyerangan.

Perzinahan adalah kejahatan menurut hukum militer dan kasus Cooley adalah yang terbaru di antara serangkaian perwira senior di seluruh layanan yang akan dituduh atau dijatuhi sanksi atas pelanggaran seksual. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *