Kasus Pertama, Dua Warga Tapteng Positif COVID-19

MEDANHEADLINES.COM, Tapanuli Tengah – Kasus Covid-19 Pertama terjadi di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.K asus yang pertama terjadi di wilayah Pantai Barat Sumatera ini langsung terjadi terhadap 2 orang yang merupakan pasangan suami istri.

Kepala Dinas Kesehatan Tapteng, Nursyam menyebut, dalam kasus ini NYH (29) diketahui merupakan warga Kecamatan Pandan. NYH adalah korban pertama yang terpapar positif COVID-19.

“Pasien merupakan petugas kesehatan di IGD RSU FL Tobing Sibolga,” jelasnya, Kamis (25/6).
Nursyam menyebut, sebelumnya pasien sempat menjalani perawatan di RSU FL Tobing. Saat itu, NYH mengalami keluhan sakit perut.

“Pasien masuk RS tanggal 17 yang lalu, namun sampai tanggal 20 kondisi nya tidak kunjung membaik. Pasien mulai mengalami gejala demam, batuk, sakit kepala, mual dan nyeri ulu hati,” jelasnya.

Melihat kondisi itu, kata Nursyam kemudian pihak RSU FL Tobing melakukan pemeriksaan rapid tes terhadap NYH. Pasien didiagnosa demam Thypoid. “Hasilnya reaktif COVID-19, kemudian ditetapkan menjadi PDP,” katanya.

Nursyam menjelaskan, sejak menjalani perawatan, kondisi korban tak kunjung membaik. Kemudian, NYH diputuskan untuk dirujuk ke RSU Tarutung.

Dari sana, pemeriksaan swab Tes Cepat Molekuler (TCM) pun dilakukan terhadap NHY.

“Selasa yang lalu, pasien dinyatakan positif COVID-19,” terangnya.

Tidak sampai disitu, kata Nursyam, pihak RSU Tarutung kemudian melakukan pemeriksaan terhadap salah seorang pria yang mendampingi pasien.

Dalam pemeriksaan itu, pria yang tak disebutkan namanya dinyatakan positif SARS COVID-19.

“Sama, hasilnya melalui Swab TCM,” jelasnya.

Menurut informasi, saat ini tim Gugus Tugas Tapteng telah melakukan berbagai upaya pencegehan pasca dua warga dinyatakan positif COVID-19.

Teranyar, ada 6 orang anggota keluarga NYH telah menjalani rapid tes yang dilakukan oleh tim gugus tugas Tapteng.

Selain itu, penyemprotan Disinfektan juga telah dilakukan di rumah dan tetangga pasien.(hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *