Miliki Nutrisi Tinggi, Tempe Jadi Menu Sahur Dan Berbuka Yang Paling Tepat

 

MEDANHEADLINES.COM – Makanan bernutrisi sangat penting, khususnya saat memasuki bulan Ramadan. Terlebih lagi, pada Ramadan tahun ini, penyebaran virus Corona Covid-19 tengah menjadi masalah yang dihadapi Indonesia.

Hal tersebut membuat seseorang harus ekstra menjaga diri dan meningkatkan imunitas. Inilah yang membuat Pendiri Tempe Movement, Wida Winarno mengungkap jika dalam kondisi keterbatasan atau darurat, makanan tradisional Indonesia, yakni tempe bisa menjadi salah satu solusi.

Menurut Wida, meski terbilang sederhana, tempe memiliki kandungan nutrisi yang tinggi yang bahkan tak dimiliki oleh makanan lainnya.

“Tempe adalah pilihan yang tepat, karena walau dia bukan daging, dia punya vitamin B12 yg tinggi. Sementara vitamin B12 itu, tidak bisa diperoleh dari makanan yang bukan daging. Tapi anehnya tempe itu bisa menghasilkan Vitamin B12. Makanya, banyak orang yang vegetarian itu makan tempe karena mereka mau mendapatkan vitamin B12,” jelasnya dalam Live Food 911 di Instagram Femina Magazine, Rabu (22/4/2020).

Seperti yang diketahui, vitamin B12 memiliki berbagai manfaat, mulai dari menjaga kesehatan tulang atau mencegah osteoporosis, meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi, menjaga kesehatan jantung hingga mencegah demensia.

Selain itu, lanjut perempuan yang juga berprofesi sebagai biotechnologist ini juga mengungkap jika tempe merupakan superfood yang tidak hanya memiliki protein yang tinggi tapi juga asam amino yang lengkap.

“Uniknya, bagi orang Indonesia yang suka makan tempe dengan nasi, ketika digabungkan ternyata asam amino keduanya bisa saling melengkapi. Jadi bisa tinggal ditambahkan sayuran agar nutrisinya lebih lengkap,” tutup dia.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *