Peneliti : Minum Kopi Dengan Cara Sehat Bisa Perpanjang Usia

Ilustrasi kopi (shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Seorang profesor senior di departemen kesehatan masyarakat dan kedokteran masyarakat University of Gothenburg menyatakan bahwa minum kopi dengan filter dapat bermanfaat pada kesehatan.

“Kopi tanpa filter mengandung zat yang meningkatkan kolesterol darah. Menggunakan filter menghilangkan ini dan membuat serangan jantung dan kematian dini kurang mungkin,” kata Dag Thelle pada CNN.

“Studi kami memberikan bukti kuat dan meyakinkan, bahwa ada hubungan antara metode pembuatan kopi, serangan jantung dan umur panjang,” tambahnya.

Melansir dari CNN, penelitian tersebut menyatakan bahwa kopi yang disaring seperti kertas saring dapat membantu menjebak bahan kimia yang tidak sehat dalam kopi.

Studi baru mengikuti lebih dari setengah juta pria dan wanita Norwegia sehat antara usia 20 dan 79 selama periode 20 tahun. Hasil menunjukkan minum kopi yang direbus atau ditekan tanpa filter meningkatkan risiko kematian pada pria berusia 60 tahun ke atas karena peningkatan mortalitas kardiovaskular.

Sedangkan minum kopi yang disaring ternyata lebih sehat daripada tidak minum kopi sama sekali.

Kopi yang disaring dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular pada pria sebesar 12 persen dan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung pada wanita sebesar 20 persen jika dibandingkan dengan tidak minum kopi.

Melansir dari CNN, studi ini menemukan mereka yang minum satu hingga empat cangkir kopi yang disaring per hari memiliki tingkat kematian terendah.

“Temuan bahwa mereka yang minum minuman yang disaring ternyata sedikit lebih baik daripada mereka yang tidak minum kopi sama sekali tidak dapat dijelaskan oleh variabel lain seperti usia, jenis kelamin atau kebiasaan gaya hidup. Jadi kami pikir pengamatan ini benar,” kata Thelle.

Menurut American Heart Association, kopi yang disaring dapat mempertajam fokus mental, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kinerja selama berolahraga.

The British Medical Journal menerbitkan sebuah studi pada tahun 2017 yang mengamati lebih dari 200 meta-analisis manfaat kesehatan kopi dan yang menemukan minum tiga hingga empat cangkir kopi hitam sehari memberikan manfaat kesehatan.

Manfaat kesehatan itu termasuk menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, gangguan neurologis, metabolisme, dan hati.

Studi lain juga menyebutkan, minum kopi disaring dapat mengurngi risiko melanoma, penyakit jantung, multiple sclerosis, diabetes tipe 2, penyakit hati, kanker prostat, Alzheimer, nyeri punggung yang terkait dengan komputer, dan lain sebagainya.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *