Korsel Klaim Kasus Covid-19 Di Negaranya Menurun Drastis

Virus Corona Covid-19 di Korea Selatan. (Shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Korea Selatan mengabarkan adanya penurunan drastis dalam jumlah kasus virus Corona Covid-19 di negaranya. Bahkan, jumlah kasus baru yang dilaporkan tidak sampai 50.

Otoritas kesehatan Korea Selatan menyebut ada 47 kasus baru yang dilaporkan perhari ini, Senin (6/4/2020). Ini merupakan pencapaian kasus terendah sejak tanggal 29 Februari 2020, di mana Korea Selatan mengonfirmasi virus Corona Covid-19.

Dilansir Reuters, tercatat hingga saat ini ada 10.284 kasus positif virus Corona Covid-19 di korea Selatan. Sebanyak 6.598 orang sembuh dari penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini, dengan korban meninggal 186.

Otoritas setempat menegaskan ini adalah langkah baik, sebab Korea Selatan sempat menjadi negara dengan kasus positif terbanyak di luar China.

Sebelumnya diberitakan, Korea Selatan dipuji atas respons cepat menangani dan melakukan tes corona. Dilaporkan Korea Selatan melakukan 15.000 tes setiap hari, total sudah 338.000 tes yang dilakukan sampai 23 Maret.

Dalam salah satu video yang diunggah channel Asian Boss di YouTube pada Sabtu (28/03/2020), seorang ahli penyakit menular asal Korea Selatan menjabarkan alasannya.

Kim Woo-Ju, profesor di departemen penyakit menular di Korea Univesity College of Medicine menyebut kesigapan itu tak terlepas dari pengalaman Korea Selatan melawan wabah.

Korea Selatan sudah pernah melewati flu babi di 2009 dan MERS di 2005, sehingga banyak masyarakat di sana yang sudah teredukasi. Mereka sadar untuk memakai masker dan mencuci tangan rutin untuk mencegah infeksi.

“Saat menjadi kepala penanganan MERS, kami menyadari tidak dapat mengembangkan obat-obatan atau vaksin segera, tapi kita bisa membuat tes kit menggunakan PCR (Polymerase chain reaction) yang mana merupakan metode yang sangat efektif untuk mendiagnosa,” ujar Kim Woo-Ju. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *