Produsen Lucky Strike Kembangkan Vaksin Covid-19 Dari Tembakau

Ilustrasi bungkusan rokok. [Shutterstock]

MEDANHEADLINES.COM – British American Tobacco (BAT), produsen berbagai merek rokok termasuk Lucky Striker, mengatakan sedang mengembangkan sebuah vaksin Covid-19 yang terbuat dari tembakau.

BAT, lewat perusahaan bioteknologinya yang berbasis di Amerika Serikat, Kentucky BioProcessing (KBP), sudah menggelar uji pra-klinis untuk vaksin Covid-19.

“Jika pengujian berjalan lancar, BAT berharap dengan mitra yang tepat dan dukungan dari badan-badan pemerintah, antara 1 juta sampai 3 juta dosis vaksin per pekan bisa diproduksi mulai Juni mendatang,” terang BAT.

KBP, yang dibeli BAT pada 2014 lalu, sudah pernah mengembangkan pengobatan untuk Ebola. BAT mengklaim bahwa vaksin yang dikembangkannya “berpotensi lebih aman ketimbang vaksin konvensional, karena tembakau tidak bisa menjadi inang patogen yang memicu penyakit pada manusia.”

BAT juga mengklaim bahwa tembakau tidak selamanya merugikan manusia dan bahwa teknologi pengolahan tembakau terbarunya membuat perusahaan kini berada paling depan dalam perlombaan pembuatan vaksin Covid-19.

“Teknologi pengolahan tembakau menawarkan pengembangan vaksin yang lebih cepat dan aman ketimbang metode konvensional,” klaim BAT.

Sementara itu seorang direktur riset di BAT juga mengklaim bahwa pihaknya telah membuat terobosan dalam pengembangan vaksin Covid-19.

“Pengembangan vaksin sangat menantang dan rumit, tetapi kami yakin telah membuat terobosan signifikan lewat platform pengolahan tembakau dan kami siap bekerja sama dengan pemerintah serta semua pemangku kepentingan untuk memenangkan perang terhadap Covid-19,” kata David O’Reilly direktur riset BAT.

“KBP selama ini telah mengeksplorasi pemanfaatan lain tembakau. Salah satunya adalah dalam pengembangan vaksin berbasis tanaman,” tutup dia.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *