Rayakan HUT Kabupaten Toba, Ribuan Warga Padati Lapangan Sisingamangaraja

MEDANHEADLINES.COM, Toba – Ribuan warga Toba memadati lapangan Sisingamangaraja Balige untuk menghadiri hari ulang tahun kabupaten Toba yang ke XXI., Sabtu (14/3)

Selain Perayaan HUT, Ribuan warga ini juga sekaligus merayakan perubahan nama Kabupaten tersebut dari Kabupaten Toba Samosir menjadi kabupaten Toba

Kegiatan HUT ini dimulai dengan ibadah sebagai bentuk rasa syukur atas semua berkat Tuhan kepada Kabupaten Toba.

Dalam acara itu hadir pula Martin Manurung anggota DPR-RI wakil ketua komisi VI, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Tumpak Simanjuntak perwakilan Kemendagri, seluruh anggota DPRD Toba, Jenderal (purn) Harangan Sitorus dan Mantan-mantan bupati Toba

Dalam Sambutannya, Bupati Toba Darwin Siagian mengatakan sejumlah kemajuan telah berhasil dilakukan di Kabupaten Toba Saat ini.

” IPM Toba 74,92 nomor dua setelah Kabupaten Deli Serdang, Angka kemiskinan juga tinggal 8,6% dari tahun sebelumnya,” Pungkasnya.

Dalam kesempatan ini juga, Bupati berjanji akan menuntaskan 6 dusun yang belum teraliri listrik dari 64 dusun belum teraliri listrik.

Dalam kegiatan ini, Permainan martumba juga kembali ditampilkan, Martumba merupakan salah satu permainan tradisi suku Batak Toba yang sarat makna yang berisi pantun dan petuah hidup, dahulu kala selalu dimainkan oleh anak-anak desa.

Namun, Sejalan berkembangnya zaman, tradisi martumba sudah mulai punah dan sudah tidak dimainkan oleh anak-anak lagi. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *