Penyakit Jantung Koroner Berawal Dari Kebiasaan Merokok

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Penyakit jantung koroner, terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung atau pembuluh darah koroner mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh tumpukan kolesterol pada pembuluh darah dan proses peradangan. 

Dato Dr. Mohamed Ezani MD. Taib mengatakan, penyebab utama Jantung koroner bisa dari kebiasaan merokok bahkan juga penyakit turunan. Hal itu disampaikannya dalam acara Health Talk Mengenal Penyakit Jantung Koroner yang digagas oleh moveradioonline.com dengan dukungan dari Institut Jantung Negara dari Negara Malaysia.

 

“Penyakit jantung, dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner selain penyakit turunan, ternyata jantung koroner merupakan salah satu penyakit akibat kebiasaan merokok,” kata Dato Dr. Ezani yang di mediatori oleh Zaki Yusuf darmoveradioonline.com.

 

Dato Dr. Ezani juga mengungkapkan bahwa penyakit jantung termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Federasi Jantung Dunia memperkirakan angka kematian akibat penyakit jantung koroner di Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus. orang yang terdiagnosis penyakit jantung dengan mayoritas penderita berusia 55-64 tahun. Angka kematian akibat penyakit jantung pun cukup tinggi, yakni sekitar 45 persen dari seluruh angka kematian.

 

“Penyebab jantung koroner, ternyata kebiasaan merokok juga membuat rentan mengalami penyakit jantung koroner. Ini karena rokok menyebabkan penebalan dinding arteri,” tambah Dato Dr. Ezani.

 

Dato Dr. Ezani juga menjelaskan bahwa gejala dari penyakit ini adalah berawal dari kelelahan, pusing, sesak napas, nyeri dada (angina), keringat dingin dan mual.

 

“Jika menemukan gejalanya, sebaiknya segera menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tambahnya.

 

Sementara itu, Dr. Rudi Wee Senior medical officer, cardiology Dept IJN juga menjelaskan bahwa fasilitas yang dimiliki IJN sangat mampu memberikan kepercayaan kepada para pasien.

 

“Sebagai perwakilan di Indonesia, kami siap memberikan fasilitas ke IJN, hingga pelayanan dari keberangkatan hingga ke penang,” jelasnya.

 

Selanjutnya kegiatan Health Talk Mengenal Penyakit Jantung Koroner juga diberikan senam jatung sehat kepada seluruh peserta yang hadir. (raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *