Karokean Dengan Nada Tinggi, Pria Tua Ini Terkena Cedera Paru-Paru

Ilustrasi karaoke – (Unsplah/@bearinacape)

MEDANHEADLINES.COM– Seorang pria bermarga Wang (65) mengalami paru-paru kolaps gara-gara keasyikan karaoke.

Kepada situs video PearVideo, pria asal Nanchang, Jiangxi, China itu mengatakan, dadanya mulai terasa sakit setelah ia menyanyikan 10 lagu bernada tinggi secara maraton.

Menurut dokter, kondisi tersebut disebabkan oleh tekanan yang ditimbulkan pada paru-paru Wang saat ia mencoba mencapai nada tinggi.

“Saya sangat bersemangat terbawa suasana dan setelah menyanyikan beberapa lagu dengan nada sangat tinggi, saya kesulitan bernapas,” kata Wang, dikutip SUARA.com dari SCMP, Kamis (8/8/2019).

Wang lantas merasa janggal karena dia sudah biasa menyanyikan lagu-lagu itu berkali-kali dan selalu bisa mencapai nada tinggi, tetapi saat itu dia malah kehabisan napas dan paru-paru kirinya terasa sangat sakit.

Namun ia mengabaikannya. Begitu sampai rumah, rasa sakit di dada Wang makin memburuk, seperti diberitakan Nanchang News, Rabu (7/8/2019).

Dia pun dilarikan ke rumah sakit setempat pada hari berikutnya, dan diberi tahu bahwa ternyata ia menderita paru-paru kolaps.

Peng Bin-fei, seorang dokter dari UGD rumah sakit Nanchang mengatakan kepada PearVideo bahwa kondisi tersebut bisa mengancam jiwa.

“Pasien menderita paru-paru kolaps karena tekanan tinggi pada paru-paru yang disebabkan oleh nyanyian bernada tinggi,” jelasnya.

Dia menambahkan, cedera ini biasa terjadi pada pria, terutama mereka yang berusia setengah baya atau lebih tua.

“Lebih baik tidak bernyanyi untuk jangka waktu lebih dari dua jam,” ujar Bin-fei.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.