Serangan Udara Rusia di Idlib Suriah Tewaskan Seorang Jurnalis

Jasad Anas Diab (22) seorang jurnalis lepas Anadolu Agency yang tewas akibat serangan udara di Suriah diangkat para sahabatnya di White Helmets sebelum dikebumikan. (AFP)

MEDANHEADLINES.COM – Seorang wartawan lepas dari Anadolu Agency tewas dalam serangan udara Rusia di Provinsi Idlib, Suriah, pada Minggu (21/7/2019), kata badan pertahanan sipil White Helmets.

Anas Diab (22), seorang jurnalis lepas dan bagian dari tim penyelamat White Helmets, tewas ketika melaporkan serangan udara Rusia di kota asalnya, Khan Sheikhun.

“Diab sedang melakukan tugas jurnalistiknya di daerah yang sangat berbahaya. Dia bekerja untuk menyampaikan suara Idlib dan Suriah ke seluruh dunia,” kata Mustafa Haj Youssef, direktur White Helmets di Idlib, sebagaimana dikutip dari Anadolu Agency, Senin (22/7/2019).

Tahun lalu, Diab juga sempat terluka dalam serangan udara rezim Suriah dan dikirim ke Turki untuk mendapatkan perawatan medis.

Pasukan rezim Assad dan pesawat tempur Rusia mengintensifkan serangan terhadap zona de-eskalasi di Suriah utara dalam beberapa hari terakhir.

September lalu, Turki dan Rusia sepakat untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi, di mana tindakan agresi secara tegas dilarang.

Namun, rezim Suriah secara konsisten melanggar ketentuan gencatan senjata dan kerap meluncurkan serangan di dalam zona de-eskalasi. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *