Sasar Penunggak Pajak, Ditlantas Polda Sumut Gelar Operasi Kepatuhan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Ditlantas Polda Sumut bersama Dispenda Sumut dan Jasa Raharja melakukan operasi kepatuhan dalam meningkatkan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Operasi gabungan ini adalah langkah pemerintah untuk meningkatkan pajak dari sektor kendaraan bermotor,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi dalam keterangannya, Jumat (7/6/2024).

Hadi menjelaskan, Polda Sumut mengerahkan 270 personel di operasi yang dimulai sejak 3 Juni lalu, dan akan dilaksanakan secara berkesinambungan di tahun ini.

Menurut data Dispenda Sumut,capaian pajak kendaraan bermotor sampai saat ini masih sangat rendah. Rinciannya, pajak kendaraan bermotor 29,40 persen, sedangkan bea balik nama kendaraan bermotor baru mencapai 28,21 persen.

Pajak kendaraan bermotor yang dikelola pemerintah provinsi digunakan untuk menyediakan fasilitas jalan bagi kendaraan bermotor, dan pembangunan fasilitas umum lainnya yang menjadi wewenang pemerintah daerah.

“Polisi akan memberikan teguran kepada penunggak pajak kendaraan agar segera membayarnya,” ujarnya.

Saat operasi gabungan berlangsung, petugas juga membawa mobil Samsat keliling. Mobil ini untuk memudahkan apabila ada masyarakat yang terjaring akan diarahkan langsung membayar pajak kendaraan.

Selain operasi sadar pajak, Ditlantas Polda Sumut dan jajaran juga melakukan penindakan terhadap para pelanggar lalulintas.

“Polisi akan terus menegakan aturan keselamatan di jalan. Kami ingin memastikan bahwa penindakan tegas bisa membawa dampak positif, yaitu semakin meningkatnya kesadaran  berlalulintas,” ucap Hadi.

Operasi kepatuhan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor dan kepatuhan berlalulintas. (DIV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.