Medan  

Pastikan Ketersediaan BBM, Polda Sumut dan Pertamina Sumbagut Periksa Sejumlah SPBU

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Polda Sumut bersama PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut melakukan pengecekan ke sejumlah SPBU di Kota Medan, Rabu (3/4/2024).

Pemeriksaan dilakukan untuk menjamin kualitas dan kuantitas produk BBM yang akan disalurkan kepada masyarakat. Mulai dari tepat secara kualitas dan kuantitas. Selain itu, tim juga memeriksa ketersediaan BBM menjelang hari raya Idul Fitri.

Kanit 3 Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumut, Kompol Pandu Winata mengatakan, kegiatan pengecekan yang dilakukan bersama Pertamina ini untuk menjamin ketersediaan BBM menjelang hari raya Idul Fitri.

“Pertama, atensi pimpinan kami yaitu apakah SPBU ini sudah memberikan pelayanan yang tepat ke masyarakat yang membeli BBM. Terutama kita mengatensi apabila ada temuan yang sifatnya pidana. Maka akan kami proses secara aturan hukum yang berlaku,” ujar Pandu dalam keterangannya.

Pandu menjelaskan, pihak kepolisian, Pertamina dan Disperindag akan terus memonitor dan mengawasi distribusi BBM agar tepat sasaran dan tidak ada penyalahgunaan.

“Kita juga mengimbau petugas SPBU supaya mengatur jalur antrean pada saat mengisi BBM. Sehingga tidak membuat kemacetan yang meluber ke jalan utama. Terutama mendekati Idul Fitri yang memungkinkan terjadinya peningkatan antrean di SPBU,” ucapnya.

Di lain pihak, Sales Branch Manager Rayon I Medan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Sigit Wicaksono mengapresiasi langkah bersama Pertamina dan Polda Sumut untuk memastikan ketersediaan serta kualitas BBM.

“Terima kasih kepada Ditreskrimsus Polda Sumut atas kerja samanya melakukan pengecekan di SPBU. Pertamina Patra Niaga terus menjamin SOP di area SPBU tetap rutin dijalankan setiap harinya,” kata sigit.

Selain menjamin ketersediaan BBM, atau stok BBM, lanjut Sigit, tujuan pengecekan ini untuk memastikan dan menjamin tepat jumlah (quantity) dalam penyaluran dan tepat mutu (quality) BBM di SPBU.

“Kami juga melakukan prosedur pengecekan kualitas dan kuantitas BBM di SPBU. Mulai dari pengujian takaran menggunakan bejana ukur dan ditemukan dalam kondisi batas normal sesuai dengan peraturan pemerintah. Prosedur mengenai pengecekan kualitas, salah satunya adalah pengecekan kadar air di tangki timbun dan disaksikan rekan-rekan Polda,” ujarnya.

Kegiatan pengecekan di Medan dilaksanakan di SPBU 14.201.127 Jalan Sisingamangaraja, dan SPBU 14.202.185 Jalan Panglima Denai, Medan Amplas. Hasilnya, tim tidak ada menemukan pelanggaran pidana di dua SPBU tersebut.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat penegak hukum untuk mendukung kelancaran distribusi energi kepada masyarakat.

“Dengan dukungan dan kerja sama dari seluruh stakeholder, kita siap melayani masyarakat Sumut yang mudik tahun ini,” pungkas Sigit. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.