Medan  

Rahudman Harahap Menggelar Buka Puasa Bersama Memperingati Milad IPHI Ke-34

Milad IPHI ke-34
Ketua IPHI Sumut, Drs. H. Rahudman Harahap MM saat menyampaikan kata sambutan di acara Milad IPHI ke-34 tahun. (Foto: Eko)

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Sumut menggelar acara berbuka puasa bersama bersama pengurus IPHI se-Sumut, di Pendopo Khadijah Kompleks Tasbi Medan, Minggu (24/4/2024). Kegiatan sekaligus memperingati Milad IPHI ke-34 tahun.

Acara yang mengusung tema “Bersama IPHI Wujudkan Haji Mabrur Sepanjang Hayat” turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Sumut, perwakilan Polda Sumut, perwakilan Kejati Sumut, Kakanwil Kemenag RI Sumut yang diwakili Kabid Haji dan Umrah, Dr H Zulfan Efendy. Kemudian tokoh agama, tokoh masyarakat dan ratusan pengurus IPHI se-Sumut.

Peringatan Milad IPHI ke-34 juga diisi dengan tausiah agama yang disampaikan oleh ustadz Drs. H. Sangkot Saragih MA.

Ketua IPHI Sumut, Drs. H. Rahudman Harahap MM menegaskan bahwa dirinya akan berusaha sekuat tenaga untuk membawa IPHI Sumut menjadi organisasi primadona dan bisa memberikan manfaat bagi umat. Memperkuat peran IPHI dalam menyebarkan dampak positif kepada masyarakat. Dan meningkatkan kualitas layanan bagi jemaah haji serta umat Islam pada umumnya.

“Kami berkomitmen untuk menjadikan IPHI sebagai organisasi yang bukan hanya menjadi kebanggaan umat, tapi juga memberikan manfaat konkret bagi kemajuan umat dan negara,” kata Rahudman saat menyampaikan kata sambutan.

Masjid basis gerakan

Rahudman juga mengatakan, IPHI Sumut akan terus melakukan inovasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Merancang program-program yang relevan dan efektif dalam memenuhi kebutuhan umat.

“Agar selalu dekat dengan umat, IPHI Sumut menjadikan masjid sebagai basis gerakan. Kita telah menggagas gerakan subuh berjamaah di masjid. Kita sudah mengunjungi 61 masjid di Medan dan sekitarnya,” ujarnya.

Wali Kota Medan ke-15 ini menjelaskan bahwa pihaknya sedang merancang kerja sama dengan Bank Sumut. Tujuannya untuk mendukung pembiayaan haji bagi jemaah yang mengalami kendala finansial melalui program Kartu Haji.

“Kita akan terlibat aktif dalam pemberangkatan dan pemulangan haji ke depannya. Kita juga sudah koordinasi dengan Kanwil Kemenag RI Sumut supaya melibatkan IPHI untuk program tersebut. Alhamdulillah, mereka telah menyetujui usulan kita itu,” katanya.

“Persoalan haji di Indonesia sangat kompleks. Oleh karena itu, perlu penanganan serius dan kerja sama yang baik antara pemerintah dan berbagai pihak, termasuk IPHI Sumut,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabiro Kesra Pemprov Sumut, Drs. Juhadi Jurdani Harahap mengatakan bahwa IPHI merupakan organisasi alumni haji yang strategis dalam mendukung pembangunan di daerah. Oleh karena itu, dia meminta IPHI Sumut untuk bersinergi dengan pemerintah dalam membangun daerah.

“Pemprov Sumut mengucapkan selamat Milad IPHI yang ke-34 tahun. Semoga terus berbuat dan menebar kebaikan bagi umat, agama dan bangsa. Mari kita jadikan momentum ini sebagai sarana silaturahmi di antara kita,” kata Juhadi, mewakili Pj Gubernur Sumut Hasanuddin. (FAD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.