Jadi Yang Pertama Dalam Sejarah Piala Dunia, Wasit Wanita akan Pimpin Laga Kosta Rika vs Jerman

Wasit asal Prancis, Stephanie Frappart. [LOIC VENANCE / AFP]

MEDANHEADLINES.COM – Sejarah akan tercipta di laga pamungkas grup E Piala Dunia 2022 antara Kosta Rika vs Jerman. Hal ini lantaran laga ini akan dipimpin seluruhnya oleh tim wasit wanita.

Sebagaimana diketahui, FIFA selaku penyelenggara Piala Dunia 2022 menghadirkan gebrakan dengan memanggil wasit dan asisten wasit wanita.

Langkah ini diambil oleh induk sepak bola dunia tersebut untuk menyuarakan kesetaraan gender dan mempertegas bahwa sepak bola tak memandang gender apapun.

“Dengan cara ini (menggunakan wasit wanita di Piala Dunia), kami dengan jelas menekankan bahwa yang penting bagi kami adalah kualitas dan bukan gender,” ujar Pierluigi Collina selaku kepala wasit FIFA dilansir dari The Athletic.

Dari 36 wasit utama yang dipilih FIFA untuk Piala Dunia 2022 ini, tiga di antaranya adalah wanita yakni Stephanie Frappart (Prancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang).

Tak cukup sampai di situ, ada pula beberapa asisten wasit wanita yang dipilih, yakni tiga orang, yakni Neuza Back (Brasil), Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat).

Sejauh ini, beberapa wasit dan asisten wasit wanita telah memimpin pertandingan-pertandingan yang ada di fase grup Piala Dunia 2022.

Namun para wasit dan asisten wasit wanita ini memimpin pertandingan dengan ditemani beberapa wasit dan asisten wasit pria.

Kini, FIFA pun membuat gebrakan dengan akan menugaskan wasit dan asisten wasit wanita di laga pamungkas grup E Piala Dunia 2022 antara Kosta Rika vs Jerman, Jumat (2/12).

Di laga tersebut, Stephanie Frappart akan ditugaskan menjadi wasit utama. Wasit asal Prancis ini akan ditemani dua asisten wasit wanita yakni Neuza Black dan Karen Diaz Medina.

Hadirnya tiga wanita sebagai pengadil utama di pertandingan Kosta Rika vs Jerman pun akan menjadi sejarah tersendiri di pentas Piala Dunia.

Sebelumnya tak ada pengadil lapangan yang seluruhnya dipimpin oleh wanita, entah itu wasit utama maupun asisten wasit di pentas Piala Dunia.

Ditugaskannya tiga wasit wanita ini pun menjadi tanggung jawab besar bagi ketiganya, apalagi mengingat laga Kosta Rika vs Jerman merupakan laga hidup dan mati bagi kedua tim.

Baik Kosta Rika dan Jerman akan mati-matian mencuri kemenangan di laga ini demi memperebutkan tiket ke babak 16 besar. Saat ini, kedua tim masih berpeluang untuk mendapatkan tiket tersebut.

Dengan kemungkinan hadirnya laga yang intens dan berjalan dengan tensi tinggi itu, tiga wasit wanita ini diharapkan bisa menampilkan kepemimpinan yang baik agar laga berlangsung dengan adil.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.