Ragam  

25 Tahun SAP Indonesia: Transformasi Digital untuk Membangun Kebanggaan Indonesia

MEDANHEADLINES.COM – Digitalisasi memainkan peran penting dalam menciptakan dunia usaha yang lebih tangguh, produktif, dan efisien. Seiring perkembangan ekonomi nasional yang luar biasa pesat, digitalisasi dalam berbagai aspek perusahaan menjadi lebih penting dari pada sebelumnya. Tumbuhnya dunia usaha di Indonesia dari berbagai sektor menjadi salah satu kepedulian SAP Indonesia, perusahaan penyedia solusi proses bisnis yang telah membantu perusahaan Indonesia selama 25 tahun.

Di momentum hari jadi yang ke-25 tahun ini, SAP Indonesia berkomitmen selalu mendukung dunia usaha di Indonesia untuk melangkah lebih jauh dalam transformasi digital, serta memaksimalkan peluang yang tersedia, semua demi pembangunan nasional yang menyentuh setiap lapisan masyarakat dan mengharumkan nama bangsa.

Bicara di acara Media Roundtable, Pride of Nation: Innovation Through Technology (06/10), Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesiamenjelaskan bahwa saat ini memang dunia usaha diharapkan mampu mendorong percepatan produktivitas dan inklusivitas bagi masyarakat berdasarkan keberlanjutan melalui transformasi digital.

“Teknologi dapat membantu mengatasi beberapa masalah lingkungan yang paling mendalam, serta tantangan ekonomi, dan sosial di zaman kita, contohnya pada pengaturan karbonisasi perusahaan dan pencapaian sustainability score untuk kebutuhan ekspor pada beberapa negara. Dengan menaruh perhatian khusus pada permasalahan-permasalahan ini, di tengah era digitalisasi yang dinamis ini, bangsa Indonesia berpeluang menunjukkan kepemimpinan kita. Transformasi digital akan membuat inklusivitas dan keberlanjutan menjadi suatu realita,” ungkap Andreas Diantoro.

Lebih jauh, Andreas menjelaskan bagaimana 25 tahun yang lalu – tepatnya pada tahun 1997 – SAP hadir di Indonesia di momen-momen yang menentukan dalam perubahan sosial masyarakat kita, di saat digitalisasi mulai menyentuh kehidupan masyarakat di tahap paling awal. Dalam perkembangannya hingga kini, SAP Indonesia telah melayani lebih dari 1800 pelanggan dari 26 sektor industri, termasuk 5 grup usaha terbesar di Indonesia, 3 perusahaan rintisan (startup) unicorn Indonesia, dan 5 perusahaan Forbes Global 2000 yang beroperasi di Indonesia.

“Potensi teknologi digital yang terus memudahkan kehidupan manusia mendorong banyak perusahaan memberikan solusi terbaik dalam rangka mempercepat keberlanjutan dan mengoptimalkan efisiensi. Di sinilah, SAP dengan solusi komprehensifnya “RISE with SAP”, membawa produk dan perangkat pendukung menjadi satu kebutuhan yang memudahkan transformasi organisasi beradaptasi pada situasi dinamis yang cepat,” tutur Andreas Diantoro.

Salah satu pelanggan yang aktif dilayani SAP Indonesia saat ini adalah PT Tripatra Engineers and Constructors (Tripatra), perusahaan EPC terintegrasi anggota dari Indika Energy Group yang berdiri sejak 1973 ini bertekad memperkuat proses bisnis yang efektif melalui solusi digital yang praktis dan mampu mengadopsi teknologi baru. Melalui program transformasi digital bertajuk DigitalTripatra, Tripatra berupaya menjadi organisasi berbasis data (data-driven organization) yang memaksimalkan pemanfaatan data untuk kepentingan pengambilan keputusan.

Benny Joesoep, Finance and Commercial Director Tripatra menjelaskan komitmen Tripatra mempertahankan integritas bisnis, manajemen kualitas, dan keselamatan demi merancang operasi dengan cara yang aman, bertanggung jawab, dan berkelanjutan. “Digitalisasi data menjadi hal yang esensial untuk memenuhi kebutuhan Tripatra akan akurasi data dan efisiensi pekerjaan. Dengan transformasi digital, Tripatra juga bisa menjamin sustainable growth hingga ke masa depan,” papar Benny.

Inilah alasannya Tripatra memilih SAP Enterprise Resource Planning (ERP) untuk operasi bisnis perusahaan, karena memiliki fleksibilitas bereksperimen untuk meningkatkan business performance, seperti menerapkan model bisnis baru bagi proses keuangan overhead agar proses operasional perusahaan menjadi lebih efektif dan hemat biaya.

Selain itu, salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang mesin konstruksi, kontraktor penambangan, penambangan batu bara, penambangan emas, industri konstruksi, dan energi yaitu PT United Tractors Tbk (UT) juga menjalani transformasi bisnis dengan digitalisasi. Langkah ini menjadi kunci keberhasilan perusahaan yang bergerak pada bidang mesin konstruksi, kontraktor pertambangan, pertambangan batu bara, pertambangan emas, industri konstruksi, dan energi tersebut.

Dominic Chandra, Corporate Planning Manager United Tractors menjelaskan bahwa UT telah mengadopsi sejumlah solusi teknologi untuk menjalankan transformasi bisnis melalui digitalisasi ini. “Era transformasi digital mendorong perusahaan bertransformasi memanfaatkan teknologi dalam setiap proses bisnisnya. Pengaplikasian teknologi juga sejalan dengan upaya ekspansi bisnis perusahaan agar semakin relevan dengan kebutuhan pelanggan,” papar Dominic.

Lebih jauh, Dominic menjelaskan juga bahwa implementasi SAP S/4HANA di United Tractors berhasil mendukung proses digitalisasi secara mobile dan membantu para level manajerial untuk melihat, memantau, dan mengambil keputusan dengan mudah kapan pun dan di mana pun.

Kebetulan kedua perusahaan ini adalah perusahaan asli Indonesia yang lahir, tumbuh dan membaktikan karyanya untuk bangsa ini. Transformasi digital memungkinkan mereka mengoptimalkan kinerjanya untuk mendukung pembangunan bangsa dan khususnya saat ini berperan pula menstimulasi percepatan pemulihan ekonomi dengan konektivitas yang cepat. Dengan transformasi digital pula, harapannya Indonesia mampu menjadi promotor prinsip-prinsip dan nilai-nilai dasar, serta mampu melahirkan jejak yang konkret di bidang ekonomi digital nasional maupun ekonomi digital global, dan membangun kebanggaan Indonesia. Saat ini, laporan Bank Dunia 2021 menyebutkan bahwa Indonesia sudah termasuk lima besar negara di dunia dengan tingkat penggunaan internet tertinggi.

“SAP Indonesia sendiri terus mendukung dunia usaha Indonesia menjalankan transformasi digital sesuai karakteristik transformasi digital selaras arahan Pemerintah RI. Pertama, inklusif menggambarkan cita-cita transformasi digital yang dapat diakses dan memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Kedua, empowering menunjukkan gagasan dari transformasi digital untuk memberdayakan seluruh kalangan. Ketiga, sustainable mewakili harapan bahwa transformasi digital terus-menerus memberikan manfaat bagi masyarakat dengan mendukung sustainable development goals (SDGs). Bersama, kita akan mewujudkan Indonesia yang lebih baik untuk dunia yang lebih baik,” tutup Andreas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.