Sumut  

MEDANHEADLINES.COM, SIMALUNGUN – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2022 yang digelar di Parapat, Kabupaten Simalungun 5-7 Agustus 2022 berhasil meningkatkan jumlah okupansi hotel di sekitaran Danau Toba. Mayoritas okupansi hotel meningkat sampai 75%.

Manager Hotel Khas Parapat Vander Ambarita mengatakan, di hotel miliknya okupansi saat acara Kejurnas Rally 2022 sampai 80%. “Kalau tidak ada event rally ini, okupansi kita biasanya naik sampai 40%. Namun pas ada rally ini, naik okupansi kita sampai 75%. Khususnya di weekend ini kita cukup ramai. Bahkan bisa full kamar kita,” ujarnya, Sabtu (6/8).

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa saat ini pariwisata di Danau Toba terus bergeliat. Tak hanya saat pelaksanaan kegiatan saja okupansi hotel naik, melainkan saat weekend jumlah pengunjung hotel di Danau Toba juga meningkat jika dibandingkan awal pandemi lalu.

Hal yang sama juga diutarakan Manager Atsari Hotel Parapat Mike Wijaya Sinaga. Ia menyebutkan, saat ini dari 44 kamar hotel yang tersedia, 40 kamar sudah terisi saat event Kejurnas Rally 2022. “Sebagian tamu kita memang ada acara rally. Tapi sebagian lagi memang mereka yang lagi liburan ke Danau Toba,” sebutnya.

Jika dibandingkan pada hari biasanya, okupansi hotel saat acara Kejurnas Rally ini, kata Mike, naik 80%. “Makanya kami sangat berharap terus diadakannya kegiatan-kegiatan di Danau Toba. Apalagi bulan depan juga ada Asian Pasific Rally Championship (APRC). Semoga okupansi kita lebih tinggi,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Manager Hotel Grand Tamaro Parapat Ridolli Butar-butar. Ia mengatakan di hari biasa tingkat okupansi naik 30%. Sementara saat weekend bisa naik sampai 80 %. “Besar harapan kami dengan adanya kegiatan Rally ini animo masyarakat untuk datang ke Danau Toba semakin tinggi dan itu menjadi hal yang positif bagi kami industri perhotelan,” sebutnya.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengatakan bahwa Kejurnas Rally 2022 digelar untuk membangkitkan sport tourism di daerah. Bukan hanya Danau Toba, melainkan daerah-daerah lainnya yang ada di Sumut juga akan dikembangkan sport tourism. Mengingat potensi masing-masing daerah ada.

“Khusus di Danau Toba, kita akan kembali akan menghadirkan APRC bulan depan. Dan World Rally Championship (WRC) tahun depan. Karena tahun 90-an kita juga pernah menjadi tuan rumah. Dengan adanya kegiatan ini, seluruh wisatawan dari berbagai negara akan datang dan melihat Danau Toba. Sudah pasti akan memberikan dampak ekonomi untuk Sumut,” ucap Wagub

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.