Persiapan Kerja Sama di Pilpres 2024, Nasdem dan PKS Samakan Visi

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menerima elite PKS termasuk Presiden PKS Ahmad Syaikhu di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta, Rabu (22/6/2022). (Suara.com/Novian)

MEDANHEADLINES.COM – NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS mulai menyamakan visi setelah pertemuan para elite partai di Kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat pada Rabu (22/6/2022) sore ini. Total ada tiga poin visi.

Satu di antara tiga poin dalam menyatukan dan menyamakan visi yang disepakati ialah menyiapkan kerja sama untuk Pilpres 2024.

“Menyepakati persiapan kerja sama Pilpres 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama,” kata Sekjen NasDem Johnny G. Plate membacakan kesepakatan poin tiga di Kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022).

Poin satu, NasDem dan PKS sepakat untuk membangun kesadaran masyarakat untuk tetap mengungkapkan harkat martabat dirinya sebagai warga negara dalam nilai-nilai Pancasila di atas kepentingan kelompok dan golongan.

Kemudian, poin kedua, antara NasDem dan PKS berkaitan dengan membangun toleransi dalam Pemilu mendatang.

“Menjadikan pemilu serentak 2024 sebagai instrumen demokrasi yang penuh semangat toleransi dan persatuan bangsa,” ujar Johnny.

Berpotensi Kolaborasi

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan belum ada hal yang cukup serius yang menjadi pembahasan dengan PKS di dalam pertemuan hari ini.

Hal itu disampaikan Paloh dalam konferensi pers bersama dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu seusai pertemuan.

“Bagi kami berdua belum ada satu hal yang cukup serius menjadi pembahasan di antara kami,” kata Paloh di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Tetapi lanjut Paloh, NasDem dan PKS telah mendapatkan banyak kesamaan yang bisa dimaknai bersama. Kesamaan itu yang memungkinan dua partai untuk berkolaborasi menghadapi Pilpres 2024.

“Ada banyak kesamaan pandangan pikiran yang amat sangat dimungkinkan untuk dikolaborasikan bersama, menjadi suatu harapan bagi meningkatkan upaya-upaya yang memang harus dipersiapkan dari dini agar kualitas Pemilu pada tahun 2024 yang akan datang bisa jauh lebih baik dari apa yang pernah kita lalui,” tutur Paloh.

Hal senada juga disampaikan Syaikhu. Ia berharap NasDem dan PKS semakin banyak memiliki titik temu untuk menyongsong agenda-agenda ke depan.

“Untuk titik-titik persamaan yang semakin banyak insyaallah menjadikan kami di PKS dan NasDem insyaallah akan banyak titik temu menuju agenda-agenda besar yang tentu perlu dipersiapkan,” kata Syaikhu.

Sebelumnya, jajaran pengurus PKS yang dipimpin Presiden PKS Ahmad Syaikhu berkunjung ke NasDe Tower. Kehadiran mereka disambut sejumlah petinggi NasDem, di antaranya Waketum Ahmad Ali dan Ketua DPP Willy Aditya.

Pantauan Suara.com, Syaikhu yang tampak ditemani Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman dan pengurus lainnya hadir sekitar pukul 13.12 WIB.

Mereka langsung masuk ke dalam lobby menuju ke ruang pertemuan yang digelar secara internal dan tertutup.

Sementara itu Willy Aditya mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan makan siang dalam agenda pertemuan tersebut. Setelahnya baru kedua partai akan membicarakan persoalan-persoalan lain termasuk menyoal politik.

“”Agenda pertama makan siang. Pak surya menyiapkan nasi briani dan gudeg. Kita jamu makan siang habis itu baru bicara tentang hal-hal lainnya,” kata Willy di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (22/6/2022).(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.