Sengketa Lahan, Kuasa Hukum Eks KUD Panca Karsa Laporkan Pemkab Batubara ke Polisi

MEDANHEADLINES.COM, Batu Bara – Federasi Advokat Republik Indonesia (Ferari) menggelar Konferensi Pers terkait perkara sengketa lahan ‘Koperasi Unit Desa (KUD) Panca Karsa’ yang diduga telah di garap oleh Pemkab Batu Bara, Selasa (28/12)

Diketahui, Saat ini, Di halaman KUD Panca Karsa kini telah berdiri gedung Disdukcapil, Desa Tanah Merah, Kecamatan Air Putih.



Menurut Advokat Helmi Syam Damanik, S.H dan Patners selaku kuasa hukum dari ketua KUD Panca Karsa Baharudin Tanjung menerangkan, pihaknya telah melayangkan laporan ke Polres Batu Bara pada tanggal (22/11) dengan harapan aparat penegak hukum dapat segera memproses sengketa lahan tersebut.

Ia berharap, lahan itu dapat di kembalikan kepada kelompok KUD Panca Karsa selaku pemilik sah lahan yang di atasnya kini telah berdiri gedung bangunan Disdukcapil Kabupaten Batu Bara.

“Saya mendapingi klien saya Baharudin Tanjung menuntut keadilan yang mana dulunya ini gedung KUD Panca Karsa yang di kelola oleh Ketua KUD Panca Karsa Baharudin Tanjung dan kawan-kawan pada tahun 1981, yang sekerang tiba-tiba pada tahun 2021 telah berubah menjadi gedung Disdukcapil Kabupaten Batu Bara.” Ungkapnya.

Ketua KUD Panca Karsa Baharudin Tanjung mengklaim selaku pemilik lahan yang sah dan juga ia kelola bersama kelompoknya dari tahun 1981, sangat menyayangkan pihaknya tidak pernah mendapatkan ganti rugi maupun mediasi dalam penguasaan lahan ataupun proses pembangunan gedung Disdukcapil Kabupaten Batu Bara tersebut.


“Apapun tidak ada, sampai sekarang belum pernah, cakap satu kali cakap aja pun enggak ada, itupun sudah berdiri (bangunan) baru tahu saya”. Terangnya.

Menambahkan Baharudin, Romaili, Ms (62) Eks penyiar Radio KUD Panca Karsa menjelaskan KUD Panca Karsa itu sejak dulu sudah berada di lahan yang sekarang di kuasai Disdukcapil Kabupaten Batu Bara

“Dulu salah satu pengurus KUD Panca Karsa yaitu namanya alm. Pak Oka Nawi bekerja sama dengan kami pengelola radio amatir yaitu dinamakan Panca Karsa, jadi ya jelas sejak dahulu memang lokasi ini adalah KUD Panca Karsa milik KUD Panca Karsa.” Tegasnya. (Ptr)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.