Ragam  

Pentingnya Etika Bermedsos Agar Tak Menimbulkan Salah Paham

MEDANHEADLINES.COM– Rangkaian Webinar sebagai bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital yang pada 20 Mei 2021 lalu telah dibuka oleh presiden Jokowi kembali bergulir. Kali ini di Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara dengan mengusung tema “Komunikasi Beragama di Era Digital”.

Pada webinar yang menyasar target segmen masyarakat umum dan sukses dihadiri 597 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, Ilyas Ichsani, seorang Dosen Pendidikan Agama Islam, H. Abdul Rojak, seorang Sekretaris Umum MUI Tangsel, Drs. H. Alfan Surya Hutagalung, MM seorang Dosen STIE Al-Washliyah Sibolga, dan Muhammad Rifai Harahap, Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Bahriyatul Ulum Pandan.

Penggiat media sosial Mega Novelia bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Hadir pula selaku Keynote Speaker, Samuel A. Pangerapan, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo.



Pada Sesi pertama tampil Ilyas Ichsani, memaparkan di era digital ini banyak orang yang salah paham tentang etika dalam bermedsos. Karena itu mempelajari etika adalah hal yang penting seperti yang sudah banyak dibahas di dalam literatur.

Giliran pembicara kedua, Abdul Rojak, MA menjelaskan munculnya wabah covid-19 memberikan pengaruh yang sangat besar dalam beberapa aspek kehidupan manusia. Dan beliau mengutarakan kajian online ini adalah salah satu solusi karena adanya pandemi covid-19 yang selama ini dilakukan secara tatap muka.

Tampil sebagai pembicara ketiga Alfan Surya Hutagalung, mengatakan komunikasi adalah proses pengiriman ide atau pikiran, dari satu orang kepada orang lain dengan tujuan untuk menciptakan pengertian dalam diri orang yang menerimanya dan juga proses penyaluran informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain.


Pembicara keempat Muhammad Rifai Harahap, menuturkan moderasi beragama saat ini sangat booming sekali karena saat ini sangat penting dalam bermoderasi dalam beragama. Moderasi adalah jalan tengah. Dalam sejumlah forum diskusi kerap terdapat moderator orang yang menengahi proses diskusi, tidak berpihak kepada siapa pun atau pendapat mana pun, bersikap adil kepada semua pihak yang terlibat dalam diskusi.

Mega Novelia sebagai key opinion leader dalam webinar kali ini, menuturkan sejatinya pendidikan pertama adalah dari rumah yang tidak lain adalah seorang ibu yang memiliki peran sangat banyak dan juga keluarga. Sebagai pengguna sosial media juga kita harus bersyukur karena dimudahkan dengan akun akun dakwah yang sudah banyak kita dapat dengan mudah.

Webinar ini merupakan satu dari ribuan webinar yang secara simultan dan massif diselenggarakan di seluruh daerah di Indonesia. Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. (red)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.