Ditangkap Polisi Usai Demo Buruh di Medan, 11 Dari 14 Massa Aksi Akhirnya Dipulangkan

 

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Sebelas dari 14 orang pengunjuk rasa yang diamankan polisi saat berdemo di hari buruh, Sabtu (1/5) lalu dipulangkan polisi.

Pembebasan massa aksi ini dilakukan setelah diadvokasi oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan dan KontraS Sumut

“11 dan 14 kawan-kawan kita yang diamankan sudah dibebaskan. Sedangkan tiga orang lain masih proses,” ujar Kepala Divisi Sipil Politik LBH Medan Maswan Tambak, Senin (3/5/21).

Maswan mengaku belum mengetahui alasan tiga lainnya masih ditahan. Namun, sepengetahuan dia, tiga lainnya itu masih berada di Polrestabes Medan karena positif narkoba.

“Masih belum jelas tapi pasal apa yang disangkakan,” katanya. Maswan mengatakan, 9 orang bebas setelah mendapat jaminan dari rekan-rekan mahasiwa, Pihak kampus dan pihak advokasi.

“Kita menilai ada beberapa kejanggalan terkait dengan penangkapan mahasiswa yang menggelar aksi peringatan Hari Buruh Internasional. Secara hukum kita gak tahu kenapa ditangkap, apa gara-gara unjuk rasanya, prokes-nya atau ada yang lainnya,” sebut dia.

Menambahai Maswan, Ali Iskandar dari KontraS Sumut meminta pihak kepolisian membebaskan seluruh mahasiswa yang ditangkap, karena tidak melakukan perbuatan tindak pidana.

Menurutnya, tentang permintaan untuk penjaminan, dalam waktu 1 x 24 jam orang tidak terbukti melakukan tindak pidana itu harus dibebaskan.

“Jadi saya rasa tidak ada alasan kepolisian untuk meminta siapa yang menjamin karena orang tidak melakukan tindak pidana dalam 1×24 jam itu wajib dibebaskan,” ungkapnya.

Ali kemudian menyayangkan jika ditahannya tiga mahasiswa karena setelah dites urine positif narkoba.

Menurutnya, itu diketahui setelah terjadi penangkapan dan tidak ditemukan di tubuh mereka barang bukti narkoba.

“Ini logika hukum yang terbalik. Harusnya polisi melakukan tes urine setelah ditemukan barang bukti. Inikan tidak, kenapa masih ditahan,” pungkasnya

Diketahui, Polisi mengamankan 14 orang mahasiswa Dalam Peringatan Hari Buruh di Medan, Sabtu (1/5/21) kemarin. Masa aksi ini diamankan saat menggelar longmarch di Jalan Juanda Medan

Hingga kini, Belum ada keterangan resmi dari Polrestabes Medan terkait penangkapan ini. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *