Tips Mempersiapkan Pidato

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Mungkin sebagaian orang merasa sulit dalam mempersiapkan Pidato, tetapi artikel yang saya buat ini dapat mempermuda anda dalam melakukan persiapan Pidato tersebut. Nah untuk itu kita harus tahu dulu apa saja yang perlu kita lakukan dalam mempersiapkan Pidato tersebut.

Persiapan merupakan kunci sukses dari proses pidato, utamanya untuk membangun rasa percaya diri, melenyapkan ‘demam panggung’, memuaskan audiens, dan mendapatkan kepuasan pribadi karena mampu mengekspresikan pikiran dan perasaan dengan baik. Pada tahap ini, perlu dipertimbangkan apa saja yang mesti dipersiapkan dan mesti dirumuskan sebagai bahan kesiapan saat tampil nanti. Lenny Laskowski, seseorang pakar Pubic speaking dari LJL Seminar USA menjelaskan beberapa poin yang mesti diketahui oleh seorang orator dalam mempersiapkan diri sebelum tampil.

  1. Apa Tujuan Pembicara

Langkah pertama sebelum berbicara adalah menentukan tujuan pembicaraan. hal ini dapat kita siasati dengan beberapa alternatif  yang dapat kita harapkan, diantaranya;

  • Mengekspresikan gagasan ( Ekspressingg Idea ) maksudnya kita mengetahui bahwa tujuan kita berbicara adalah untuk mengutarakan buah pikiran kita.
  • Mendapatkan Penghargaan ( Getting Rewards) maksud tujuan kita berbicara adalah untuk menarik simpati audience atas kemampuan kita berbicara.
  • Memuaskan Pendengar (Sastisfying Audiens) kita berbicara dapat memberikan rasa puas kepada para pendengar.

Agar maksud dan tujuan Pidato dapat diterima oleh audiens, kita dapat memperhatikan tiga faktor yang sangat menentukan, yakni :

  1. Berbicara dengan percaya diri
  2. Berbicara dengan jelas
  3. Melibatkan pendengar dalam pembicaraan.

 

  1. Siapa yang menjadi pendengar

Pengenalan audiens ini penting untuk menentukan gaya bahasa dan teknik penyampaian agar pembicaraan mudah di mengerti.

  1. Topik yang menarik audience

Jika kita mengetahui apa yang pendengar inginkan dan disukai, sebagai mana keadaan mereka, mood mereka, maka mereka akan lebih tertarik terhadap apa yang kita katakan.

  1. Apa yang sesungguhnya kita ketahui dan yakin tentang topik ini.

Untuk menjadi orator yang baik, kita sebaiknya mengetahui dan menguasai apa yang akan atau yang harus kita bicarakan.

  1. Apa yang menjadi poin utama presentasi ini.

Sebelumnya kita harus menentukan, apa yang bagaimana info dan ilmu pengetahuan yang ingin didapat oleh audiens.

  1. Informasi pendukung dan cerita apa yang dapat saya gunakan untuk menunjang apa yang akan saya kemukakan.

 

Dalam hal ini, orator dapat menyodorkan cerita-cerita kehidupan para tokoh-tokoh keagamaan, kewarganegaraan, ilmuan dan cerita pribadi yang sesuai dengan alur cerita yang kita ambil.

  1. Punyakah saya cara pembukaan yang menarik.

Pada bagian ini, seseorang orator dapat menggunakan salah satu dari beberapa pilihan dalam memulai pembicaraan.

  1. Sudahkah saya persiapkan dan poles bahasa dan kata-kata yang akan saya gunakan.

Berpidato adalah salah bentuk komunikasi, sehingga berpidato haruslah dimengerti dan di pahami oleh audiens sebagai komunikan. Kata-kata atau kalimat yang baik bagi berpidato antara lain memenuhi kriteria sebagai berikut :

  • Jelas
  • Tepat
  • Menarik

 

Berbicara adalah keterampilan yang sangat bergantung pada latihan, dan praktek atau jam terbang. Pada penampilan pertama mungkin rasa takut masih sangat mendominasi. Teruskan dengan penampilan-penampilan berikutnya. Mungkin anda akan mengalami kegagalan, tetapi belajarlah dari kegagalan itu. Suatu saat anda akan bisa mengatasi rasa takut atau kegugupan anda dengan mudah. Nah  Itulah cara singkat untuk  memahami tentang Persiapan Pidato, semoga bermanfaat bagi anda. ( juli)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *