Terima Audiensi Penyandang Tuna Rungu, Wakil Wali Kota Medan Berkomunikasi Lewat Tulisan

MEDANHEADLINES.COM– Wakil Wali Kota Medan H. Aulia Rachman, menerima audiensi dari sejumlah penyandang difabel tuli (tuna rungu) di ruang kerjanya, di Balai Kota Medan, Kamis (18/3/2021).

Pada kesempatan itu, pendamping Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution ini, tampak saling berkomunikasi dengan penyandang tuna rungu lewat tulisan, dan gerak tubuh disebabkan keterbatasan mereka memahami informasi melalui suara.

Adapun penyandang tuna rungu yang hadir tersebut terdiri dari 4 orang diantaranya; Harri M, Muhammad Nazib, Endrayanto, dan Rez Aditya.

Dengan ekspresi gerak tubuh, Aulia mempersilahkan para tuna rungu menyampaikan maksud dan tujuan para penyandang difabel itu, untuk menuliskannya di atas kertas.

Tulisan mereka tersebut selanjutnya dibacakan langsung oleh Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman.

“Jadi komunitas mereka ini jumlahnya mencapai 200 orang. Dan atifitasnya berbeda-beda. Ada yang berdagang burger, dan lain sebagainya. Mereka meminta agar Pemko Medan bisa memberikan perhatian dengan membantu usaha para penyandang ini” kata Aulia Rachman.

Aulia menjelaskan, meskipun mayoritas para penyandang tuna rungu itu berdomisili di kabupaten Deliserdang, pihaknya berupaya tetap akan membantu dengan menyisihkan rezeki pribadi.

“Kalau dari APBD Medan tentunya tidak bisa, karena ini bukan ranah Pemko Medan. Namun, sebagai kepala daerah, kita wajib membantu saudara-saudara kita yang kekurangan. Makanya kita bantu dari rezeki pribadi. Tentunya Allah Swt akan memudahkan segala urusan kita dan memberikan kelebihan kepada mereka meskipun dengan keterbatasan fisik,” ujar pendamping mantu Presiden Joko Widodo ini.

Aulia bersama Wali Kota Medan juga berjanji akan mendata ulang para penyandang tuna rungu yang ada di kota Medan, agar kaum marginal dan penyandang difabel bisa mendapatkan bantuan dan perhatian serta memiliki hak yang sama.

“InshaAllah saya dan pak Wali Kota, akan datang ke tempat mereka. Dan kita akan data ulang semuanya,” tandas Aulia.

Usai pertemuan, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman mengajak para tuna rungu berfoto bersama.

Para penyandang Difabel tuli itupun, menyampaikan rasa terima kasih mereka atas sambutan yang hangat dari Wakil Wali Kota Medan, dengan menuliskannya lewat tulisan di atas kertas.

“Tuna Rungu Terimakasih,” tulis salah satu penyandang Tuna Rungu Harri M. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *