Ragam  

Hari Peduli Sampah Nasional, Komantab Buka Donasi Sampah Plastik Untuk Ecobrick.

MEDANHEADLINES.COM – Banyak cara dilakukan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 21 Febuari

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab). komunitas yang bergerak di aksi-aksi penyelamatan lingkungan ini akan membuka donasi sampah plastik yang nantinya akan dijadikan sebagai ecobrick.

Kordinator kegiatan, Rara menyebut aksi yang mereka gelar akan berlangsung selama 2 hari. Yakni, Kamis hingga Jumat atau di tanggal 25 dan 26 Februari pekan ini.

“Kamis akan dilakukan open donasi sampah plastik kering dan bersih,” jelasnya, Selasa (23/2/2021).

Dikatakan Rara, para peserta kemudian mengantarkan sumbangan sampah ke sekretariat Komantab.

Di sana, tim yang telah dibentuk akan menerima donasi sampah plastik dari para peserta.

“Kantor kita di Jalan Padang Sidempuan Kelurahan Mangga Dua, No.Km 11, RW.5, Kalangan,” kata Rara.

“Kami ingatkan agar menyumbang plastik kering dan bersih, agar ecobrick yang dihasilkan berkualitas baik,” tambahnya.

Rara menyebut, kegiatan di hari Jumat dilakukan dengan Ecobrick bersama di sekretariat Komantab.

Pelaksanaan Ecobrick, kata dia pihaknya akan menerima relawan dengan pembatasan jumlah.

“Relawan kita batasi sebanyak 30 orang, mengingat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, protokol kesehatan tentu kita terapkan dengan ketat,” ujar Rara.

Saat ini, kata Rara pihak nya juga membuka call center menghubungi bagi siapa yang berminat menjadi relawan pada acara tersebut.

“Ada dua orang narhub yang bisa dihubungi relawan. Yang pertama, saya sendiri di nomor 082273862099. Kemudian atas nama Damai Mendrofa melalui nomor 081397363582,” ungkapnya.

Rara menambahkan, untuk menjadi relawan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Salah satu persyaratan itu yakni, peserta harus mengenakan masker sepanjang kegiatan berlangsung.

“Relawan juga harus membawa tumblair pribadi, membawa gunting dan alat ecobrick berupa besi atau kayu yang digunakan sebagai alat memadatkan plastik ke dalam botol,” jelasnya.

“Relawan juga wajib menyelesaikan ecobrick dan mengikuti kegiatan sampai selesai,” kata Rara lagi.

Sementara itu, Ketua Komantab Damai Mendrofa menuturkan peringatan HPSN kali ini dengan aksi Ecobrik. Kegiatan itu diperoleh melalui hasil diskusi di internal komunitas.

Ecobrick, kata Damai merupakan wujud dari penerapan 3R, Reduce, Reuse dan Recycle yang kesemuanya bermuara pada aksi preventif mengurangi kerusakan bumi.

“Dengan ecobrick sampah plastik dapat dicegah terbuang, sebaliknya dapat termanfaatkan, misalnya dapat dijadikan bahan kreasi seperti bangku dan meja, kami di Komantab sudah membuatnya,” kata Damai.

Damai mengatakan, aksi yang dilakukan pihaknya agaknya menuai respon positif dari sejumlah kalangan.

Saat ini, Kodim 0211/ Tapanuli Tengah dan Lanal Sibolga serta beberapa pihak lain yang sudah menghubungi.

“Tadi pak Dandim Letkol Dadang Alex sudah konfirm akan mengirimkan relawan sebanyak 5 orang, dari pihak Lanal pak Pasintel Iman juga sudah telepon tadi dan sedang mengkordinasikannya. Dan tentu kesediaan relawan dari individu, komunitas dan kelompok lain tetap kita buka, yuk silahkan join, walau kuota memang kita batasi,” ujarnya.

Respon positif tersebut kata dia, menunjukkan bahwa sejatinya semakin banyak pihak peduli terhadap pengelolaan sampah, terutama plastik.

“Dan dengan begitu, maka bumi akan semakin terselamatkan,” tutup Damai (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.