Keterbatasan Anggaran, Pemko Medan Akan Kurangi Gaji PHL

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengeluarkan surat edaran no 900/0647 yang ditandatangani Sekertaris Daerah Kota Medan Wirya Al Rahman tentang pengurangan jumlah gaji pekerjaan harian lepas (PHL).

Dikatakannya, Sebelum memutuskan untuk mengeluarkan surat edaran ini,Pemko Medan Sudah melalui sejumlah pertimbangan salah satunya keterbatasan APBD 2021 akibat pandemi covid-19.

” Ada pula pertimbangan kenaikan UMK tiap tahun yang sangat memberatkan APBD. Penguragan gaji PHL ini juga disesuaikan dengan gaji ASN golongan II,” Jelasnya

Wirya juga menambahkan, Pengurangan gaji PHL ini juga berlalu untuk kepala lingkungan (Kepling).

“Kalau kalau yang lalu (2020) gaji Rp3,2 juga sekian. Dengan pertimbanganAPBD turun dari Rp6,3 T jadi Rp5,3 T, dengan ada covid pendapatan anjlok, sehingga apa, tim anggaran mengkaji ini, tidak mungkin kita ikuti terus UMK ini. Sementara ini PHL itu buruh harian lepas, sehingga ditetapkan 3 jt perbulan, dipotong iuran BPJS kesehatan dan BPJS tenaga kerja,” katanya, Senin (22/2/2021).

Wirya yang saat ini tengah menjabat sebagai Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Medan ini juga menyebut dengan menyesuaikan gaji PHL di tahun anggaran 2021, maka dapat melakukan penghematan anggaran sekitar Rp 30 miliar. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *