Mengantuk Saat Bekerja, Ini Tips Mengatasinya

Ilustrasi mengantuk. (Shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Produktivitas kerja bisa terganggu karena rasa kantuk yang datang menyerang. Munculnya rasa kantuk akan sangat membuat tidak nyaman karena membuat orang tidak fokus.

Hal itu akan membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi tidak optimal.

Oleh karena itu, di bawah ini terdapat tips-tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk yang muncul saat sedang bekerja seperti yang dilansir dari healthline.com.

1. Coba minuman yang mengandung kafein

Kafein adalah stimulan yang meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. Kafein dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kinerja mental, serta membantu melawan kantuk. Coba minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh. Secangkir minuman yang mengandung kafein akan menambah energi bagi tubuh sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

 

Namun, saat meminum minuman yang mengandung kafein diharapkan untuk tidak berlebih.Minum terlalu banyak kafein dapat merangsang dan membuat gelisah, sehingga memengaruhi tingkat produktivitas.

2. Coba tidur walau sebentar
Rasa kantuk terkadang tidak bisa dihindari. Untuk itu, coba tidur sekita 15 sampai 30 menit. Walau hanya sebentar, itu akan membuat rasa kantuk hilang saat terbangun dari tidur. Melakukan tidur sejenak, akan membuat mata beristirahat sehingga saat terbangun mata menjadi lebih segar serta pikiran kembali fokus.

3. Cobalah berjalan-jalan kecil
Rasa kantuk sering muncul akibat menatap layar terlalu lama atau posisi yang diam saja. Oleh karena itu, untuk mengatasi rasa kantuk coba bangun dari posisi kita, lalu coba berjalan-jalan sejenak. Hal itu akan membuat darah di tubuh mengalir. Tubuh yang bergerak akan membuat rasa kantuk hilang.

4. Mendengarkan musik yang ceria
Musik dapat membantu untuk menghilangkan rasa kantuk. Ketika kita mendengarkan musik pelan akan membuat rasa kantuk muncul. Oleh karena itu untuk membangunkan otak, cobalah mendengarkan musik yang ceria. Semakin kencang musik yang masuk ke telinga, akan membuat rasa kantuk menjadi hilang.

5. Coba makan camilan
Camilan akan sangat membantu menghilangkan rasa kantuk. Hal itu karena memakan camilan membuat tubuh melakukan sebuah aktivitas. Namun, sangat dihindari untuk memakan camilan yang manis, soda, atau karbohidrat. Makanan dan minuman tersebut mengandung gula yang membuat tubuh menjadi mengantuk.

6. Buat area kerja yang cerah dan menarik
Area kerja akan memengaruhi suasana hati serta pandangan mata. Jika suasana kerja gelap dan tidak menarik, hal itu akan membuat bosan dan mempercepat muncul rasa kantuk. Oleh karena itu, usahakan mengatur areah kerja sedemikan rupa agar tidak membuat bosan dan terhindar dari rasa kantuk.

7. Cuci muka
Saat rasa kantuk muncul, pergilah ke kamar mandi lalu cuci muka atau percikan tetesan air ke wajah. Air akan menghilangkan rasa kantuk. Hal ini karena air akan membuat wajah menjadi lebih segar sehingga rasa kantuk menghilang.

8. Cobalah nyalakan kipas angin
Kipas angin dengan kecepatan penuh akan membuat wajah selalu segar. Angin yang kencang akan membuat mata menjadi lebih segar sehingga rasa kantuk menghilang. Namun, kecepatan angin sangat diperlukan. Jika angin yang keluar tidak kencang, justru hal tersebut akan menimbulkan rasa kantuk.

9. Buat diri tetap sibuk
Menyibukan diri akan membuat tubuh tetap segar dan fit. Terlalu banyak beristirahat cenderung membuat rasa kantuk muncul. Untuk itu, buatlah tubuh sesibuk mungkin agar rasa kantuk tidak muncul. Namun, harus diperhatikan agar tidak membuat tubuh terlalu lelah. Hal itu juga akan berisiko munculnya rasa kantuk. (Penulis: Fajar Ramadhan/red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *