Sepi Pengunjung Karena Pandemi, Petugas Ragunan : Satwa Jadi Lebih Tenang

Ragunan sepi gegara Pandemi Covid-19. (Suara.com/Dini Afrianti)

MEDANHEADLINES.COM – Jika biasanya satwa di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) dkunjungi oleh lautan manusia yang asik berwisata saat hari libur, sejak pandemi Covid-19, justru terjadi sebaliknya. Ragunan jadi sangat sepi.

 

Hal ini ternyata menghasilkan dampak positif bagi psikis para satwa yang ada di TMR. Kepala Satuan Pelaksana Promosi TMR, Ketut Widarsa mengatakan banyak hewan di TMR yang terlihat jauh lebih tenang dan rileks.

“Dampaknya terlihat ya, jika diperhatikan satwa terlihat lebih tenang karena tidak banyak pengunjung yang datang. Apalagi mereka jadi punya jarak dengan banyak manusia sejak masa pandemi Covid-19,” ujar Ketut saat disambangi suara.com di Ragunan, Jakarta Selatan beberapa waktu yang lalu

Meski begitu, kata Ketut para satwa yang di TMR memang sudah sangat terbiasa dan bisa beradaptasi dengan kedatangan manusia.

Sehingga mereka tidak lagi takut dan merasa terancam dengan banyaknya pengunjung ke TMR.

“Yah, walaupun satwa di TMR memang sudah sangat terbiasa dengan kehadiran manusia setiap harinya,” jelasnya.

Kendati demikian, TMR tidaklah melakukan eksploitasi karena selain kunjungan terbatas, hanya pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

TMR juga memberikan waktu libur satwa yang jatuh setiap hari Senin, di mana hari itu TMR sama sekali tidak menerima kunjungan untuk perawatan satwa.

Sementara itu selama pandemi Covid-19, pihak TMR membatasi kunjungan maksimal 2.000 orang per hari. Padahal dalam situasi normal, di akhir pekan jumlah kunjungan bisa mencapai lebih dari 200.000 orang, dan maksimal 8.000 orang pada hari biasa (Senin hingga Jumat).

Berdasarkan tren sejak aturan maksimal kunjungan ditetapkan, rata-rata kunjungan di hari biasa, Senin hingga Jumat kunjungan tidak pernah lebih dari 500 orang per hari.

Sedangkan pada akhir pekan Sabtu, Minggu, dan hari libur jumlah kunjungan bisa sedikit melebihi 2.000 orang per hari.

Sekadar informasi, selama periode libur Hari Raya Natal 2020 hingga Tahun Baru 2021, Taman Margasatwa Ragunan tutup selama 3 hari pada tanggal 25 Desember, 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *