Viral! 3 Petugas KPPS Terekam Kamera Sedang Coblos Surat Suara

Tangkapan pada video yang tunjukkan oknum Petugas KPPS coblos surat suara (Dhias Suwandi)

MEDANHEADLINES.COM – Sebuah rekaman video berdurasi 2:20 menit memperlihatkan tiga oknum petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kabupaten Asmat, Papua sedang mencoblos surat suara di Pilkada Serentak 2020.

Video itu pun tersebar dibeberapa media sosial dan menarik perhatian masyarakat.

Tampak dua orang dalam video sedang mencoblos pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Asmat nomor urut satu. Sementara seorang lainnya melipat kertas suara yang telah selesai dicoblos.

 

Dalam Pilkada Kabupaten Asmat diikuti dua pasangan calon, diantaranya nomor urut satu Elisa Kambu dan Thomas Eppe Safanpo, lalu pasangan nomor urut dua Yulianus Payzon Aituru dan Bonafasius Jakfu.

Diketahui alasan oknum KPPS mencoblos surat suara itu dikarenakan sebelumnya, masyarakat telah sepakat untuk memberikan suara untuk paslon calon nomor urut satu di Pilkada Kabupaten Asmat.

Komisioner Bawaslu Papua Amandus Situmotang menyatakan ada delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga distrik yang melakukan sistem itu.

Ketiga Distrik tersebut yakni Distrik Kopai tepatnya TPS Kampung Sinipit, Distrik Akat di TPS Kampung Ayama dan enam TPS yang berada di Distrik Agats.

“Ini tidak ada dan tidak dibenarkan karena di Asmat sudah harus menggunakan sistem coblos bukan mufakat,” ungkapnya Amandus.

Tidak sahnya suara tersebut, membuat Pilkada Kabupaten Asmat akan dilakukan pemungutan ulang.(Red/suara.com)
.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *