Kelebihan Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online

MEDANHEADLINES.COM – Saat masa pandemi seperti sekarang, mencari uang menjadi semakin sulit. Banyak juga buruh yang di PHK secara besar-besaran sehingga sulit mendapatkan uang saat terjadi situasi yang sifatnya cukup mendesak, seperti kekurangan biaya untuk membayar rumah sakit, membayar uang sekolah, memenuhi kebutuhan pokok, dan sebagainya. Sebagai solusi, kita bisa mengajukan pinjaman secara online. 

Pinjaman online memang sangat populer sebagai penyelamat ketika butuh dana cepat dan mendesak. Proses pencairan yang cepat serta pengajuan yang mudah menjadi faktor mengapa masyarakat sangat menyukai pinjaman online. Inilah berbagai kelebihan dari aplikasi pinjaman online: 

  1. Tanpa Ada Jaminan

Kelebihan dari aplikasi pinjaman online yang pertama adalah tidak adanya jaminan yang diberikan. Hal ini membuat Anda tidak perlu repot-repot menjaminkan aset tertentu seperti mobil, rumah, atau surat-surat berharga lainnya. Ini juga yang menjadi faktor mengapa aplikasi pinjol banyak dilirik oleh masyarakat, karena tidak semua orang memiliki aset yang bisa dijaminkan saat mengajukan pinjaman.

  1. Proses Pinjaman yang Cepat

Berhubung tidak menggunakan jaminan, maka proses pinjaman di aplikasi online juga terbilang sangat cepat karena tidak perlu proses penaksiran aset jaminan. Jika dokumen persyaratan yang telah Anda berikan sudah lengkap, selama waktu 24 jam pengajuan sudah bisa langsung diproses. Sedangkan untuk pencairan dananya, memerlukan waktu 1-3 hari kerja saja. Proses yang cepat ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang sedang membutuhkan dana cepat.

  1. Bisa Digunakan untuk Apa Saja

Kelebihan lain dari aplikasi pinjaman online adalah fleksibilitasnya yang bisa digunakan untuk apa saja. Tidak seperti jenis pinjaman KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang khusus digunakan untuk membeli rumah, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) untuk membeli kendaraan, KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang hanya diperbolehkan untuk modal usaha. Dan dari pinjaman online ini dapat digunakan untuk keperluan apa saja yang memang sangat diperlukan. 

  1. Aman dan Terpercaya Asal Harus Terdaftar di OJK 

Walaupun memiliki banyak kelebihan, aplikasi pinjaman online suda harus terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), agar bisa digunakan dengan aman. Karena dengan adanya pengawasan dari OJK,  semua aktivitas pinjam meminjam sudah sesuai dengan standar ketentuan yang telah ditetapkan. Dengan begitu proses pinjaman online bisa legal secara hukum. 

  1. Bunga yang Dikenakan Tetap

Pinjaman tanpa agunan biasanya menerapkan sistem perhitungan bunga floating yang mengikuti perkembangan suku bunga pasaran sehingga tidak ada patokan pasti berapa bunga yang dikenakan. 

Berbeda dengan pinjaman di aplikasi online yang menggunakan sistem bunga tetap. Biasanya setiap bulannya sebesar 3% hingga masa akhir tenor cicilan yang berlaku untuk semua plafon pinjaman dan masa tenor yang diambil. Walaupun Anda mengambil pinjaman Rp.5 juta, perhitungannya akan sama dengan pinjaman Rp.20 juta. Tentunya hal ini akan sangat memudahkan para peminjam. 

  1. Tanpa Slip Gaji

Kelebihan aplikasi pinjol yang terakhir yaitu tidak mensyaratkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan. Hal ini menjadi suatu kemudahan bagi orang-orang yang baru mulai bekerja, pekerja freelance, wirausaha, ataupun para profesional yang tidak ada slip gaji. Sebagai gantinya, Anda akan diminta untuk memberikan surat keterangan bekerja saja.

Salah satu aplikasi pinjol yang bisa digunakan adalah aplikasi Tunaiku. Tunaiku Amar Bank Indonesia adalah bank asal Surabaya yang didirikan sejak tahun 1991. Kelebihan aplikasi Tunaiku adalah bisa menyediakan pinjaman tanpa jaminan yang bisa memberikan pinjaman dengan nominal dana mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan 6 bulan sampai 20 bulan. Menarik bukan?

Kelebihan aplikasi Tunaiku lainnya adalah proses pengajuan pinjaman yang cepat dan juga tidak ribet. Anda juga tidak perlu khawatir karena Tunaiku telah terdaftar di OJK, sehingga sangat kredibel untuk digunakan. Dengan berbagai kelebihan tersebut, tidak heran jika Tunaiku sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang membutuhkan dana besar dengan cepat. (red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.