Ingin Pencernaan Tetap Sehat, Lakukan 3 Langkah Ini…

Ilustrasi

MEDANHEADLINES.COM – Usus dan sistem pencernaan tak kalah pentingnya bagi tubuh manusia. Bahkan, banyak juga yang menyebut organ tersebut adalah otak kedua bagi makhluk hidup. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan pencernaan sama vitalnya dengan menjaga otak.

Tak hanya itu, pencernaan yang sehat juga berpengaruh kepada kesehatan mental dan fisik seseorang. Hal itu dikarenakan makanan yang dimakan akan dicerna terlebih dahulu di usus, baru masuk ke aliran darah dan tubuh akan menyerap nutrisinya.

“Apa yang Anda makan akan menentukan apa yang dirasa, bahkan terhadap perilaku. Oleh karena itu, menjaga kesehatan usus sangat penting,” kata nutrisi klinis, Ishi Kosla dikutip Medical Daily.

Tapi sebagian orang merasa menjaga pencernaan agar tetap sehat adalah sesuatu yang rumit. Hal itu tidak benar, Anda hanya cukup menerapkan tiga langkah berikut ini.

1. Biasakan melakukan perencanaan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membiasakan diri untuk merencanakan apa yang akan dimakan dalam sehari, olahraga apa yang akan dilakukan dan kapan Anda akan makan.

Dengan begitu, Anda bisa mengurangi risiko kekurangan nutrisi, mengonsumsi makanan yang lebih seimbang dan menghindari makan yang berlebihan. Kemudian hindari mengkonsumsi makanan manis dan praktikkan fokus pada makanan.

2. Makan cukup protein

Langkah berikutnya, Anda dianjurkan mengonsumsi protein yang cukup untuk menjaga kesehatan pencernaan. Direkomendasikan agar mengonsumsi protein baik hewani maupun nabati, setidaknya dua kali dalam sehari.

3. Makan makanan ramah pencernaan

Mengonsumsi makanan yang ramah pencernaan sangat penting. Pilihan terbaik adalah mengonsumsi makanan nabati atau sayur-sayuran. Perbanyak ragam sayur dan buah dalam konsumsi harian Anda.

Sebagai tambahan, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya probiotik, misalnya yogurt, kefir, kimchi, dan kombucha. (Rha/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *