Cegah Hoaks Covid-10, WhatsApp Batasi Pesan terusan

Lambang aplikasi WhatsApp dan Facebook di telepon seluler pintar (Shutterstock).

MEDANHEADLINES.COM – WhatsApp telah mengeluarkan kebijakan untuk membatasi pesan terusan (forward) hanya lima kali saja guna menekan angka penyebaran pesan hoaks virus corona.

Anak perusahaan Facebook ini mengklaim, kebijakan tersebut sanggup menurunkan pengiriman pesan forward WhatsApp hingga 70 persen dalam kurun tiga pekan setelah aturan ini diberlakukan.

“Sejak menerapkan batas pengiriman pesan lewat fitur forward, secara global telah ada penurunan 70 persen dalam jumlah pesan-pesan yang banyak diteruskan yang dikirim di WhatsApp,” ujar juru bicara WhatsApp seperti dikutip dari The Next Web pada Senin (27/4/2020).

Ia menambahkan, perubahan ini diharapkan menjadi solusi untuk mencegah penyebaran hoaks, sekaligus menjaga kerahasiaan percakapan para pengguna aplikasi.

“Perubahan ini membantu menjaga WhatsApp menjadi tempat untuk percakapan pribadi dan pribadi,” imbuhnya.

Privasi data memang salah satu prioritas yang ditetapkan oleh perusahaan, karena WhatsApp menerapkan enkripsi end-to-end, sehingga perusahaan sendiri tidak dapat membaca konten pesan.

Namun di sisi lain, metadata pesan itu memungkinkan perusahaan untuk mengetahui berapa banyak pesan yang telah dikirimkan melalui fitur forward.

Selain mengurangi jumlah pembatasan pesan terusan, WhatsApp juga menambah partisipan panggilan video menjadi 8 pengguna sebagai langkah dukungan perusahaan terhadap kampanye social distancing untuk melawan Covid-19.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *