Jelang Bulan Ramadan, Sejumlah Harga Bahan Pokok Di Medan Terpantau Stabil

 

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Harga kebutuhan pokok di kota Medan menjelang bulan suci ramadan masih terpantau stabil, Bahkan sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat terpantau lebih rendah dibandingkan dengan harga normal.

Dari Pantauan disejumlah pasar, Harga cabai masih berada dikisaran Rp 20.000 hingga Rp 25.000/kg. Harga cabai rawit bergerak dikisaran Rp 20.000/kg

Sementara komoditas lainnya seperti telur ayam dan beras, masih terbilang stabil. Harga beras masih dikisaran Rp 9.000 hingga Rp 12.000/kg. Dan telur ayam masih dikisaran Rp 20.800 hingga Rp 21.600/kg-nya. Sementara itu, harga bawang merah naik dikisaran Rp 40.000 hingga Rp 43.000-an/kg. Tapi harga bawang putih turun tajam. Bahkan ada pedagang yang menjual sekitar Rp 26.000/kg.

Harga kebutuhan pokok yang masih bertahan mahal adalah minyak goreng, gula putih dan bawang merah. Untuk minyak goreng harganya sudah mencapai Rp 11.000 hingga Rp 13.000/kg. Minyak goreng ini dipengaruhi oleh tren perubahan harga komoditas CPO di pasar internasional serta tren perubahan mata uang dolar Amerika Serikat (AS).

“Saya menilai, untuk minyak goreng ini harganya seharusnya sudah saatnya turun. Karena ada tren penurunan harga CPO yang saat ini bertengger dikisaran RM 2.300/metrik ton. Dan perlahan Rupiah juga mulai menguat dikisaran 15.500/dolar AS. Saya menyarankan pemerintah agar melakukan evaluasi terhadap produsen minyak goreng. Meski memang di tengah covid-19 ini, dikhawatirkan akan ada banyak perusahaan yang sulit menekan harga dikarenakan biaya operasional tinggi selama pandemi,” kata Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (21/4/2020).

Sementara untuk harga gula pasir, masih bertahan di atas Rp 18.000/kg. Bahkan ditemukan adanya harga diangka Rp 21.000-an/kg.

Untuk stok, berdasarkan hasil pemantauan pihaknya, Gunawan mengatakan, stok sejumlah bahan kebutuhan pokok seperti cabai, bawang, telur ayam dan daging ayam/sapi, dan semua kebutuhan pokok lainnya terpantau cukup hingga lebaran usai nanti.

Sementara itu, tren harga daging ayam sejauh ini mengalami penurunan. Dari kisaran Rp 27.000/kg, saat ini dijual dalam rentang harga Rp 19.000 hingga Rp 21.000/kg. Padahal, sekitar dua pekan yang lalu, harga daging ayam sempat turun dikisaran Rp 17.000/kg. Ulah spekulan yang mencoba mencari peruntungan dengan menahan stok sempat membuat harga daging ayam naik ke Rp 27.000-an/kg.

Sementara itu, Salah seorang pedagang di Pasar Petisah, M Sianturi mengatakan, harga bahan pokok dalam beberapa hari ini masih dalam keadaan Stabil, Namun iamengaku adanya penurunan jumlah pembeli

” Dalam beberapa minggu ini Pembeli memang lebih sepi dari biasa, Makanya Stok barang pun masih banyak,” Jelasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *