Pemerintah Instruksikan Masyarakat Gunakan Masker, Ini Kata DPR

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS Kurniasih Mufida. (Suara.com/Ummi HS).

MEDANHEADLINES.COM – Komisi IX DPR mendukung instruksi pemerintah untuk mewajibkan semua orang menggunakan masker, sebagaimana rekomendari dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Anggota Komisi IX Kurniasih Mufida mengatakan, masifnya penyebaran virus corona harus diwaspadai. Apalagi tercatat, penularan melalui orang tanpa gejala (OTG) juga masih terus terjadi.

“OTG yang bisa jadi ada di sekitar kita, pakai masker lebih baik untuk jaga diri,” kata Mufida saat dihubungi, Senin (6/4/2020).

Meski begitu, perintah tersebut harus diimbangi dengan ketersediaan pasokan masker yang saat ini langka dan harganya melambung tinggi. Ia berujar pemerintah harus bisa memastikan ketersediaan masker, bahkan membagikannya secara cuma-cuma.

“Kondisi masyarakat kita sebagian sudah sangat memprihatinkan kehidupan ekonominya. Jangankan beli masker, untuk beli bahan pokok harian saja mereka sudah kesulitan. Pemerintah harus memberikan masker gratis kepada masyarakat yang gak mampu beli,” kata Mufida.

Ia berharap dengan ketersediaan masker terjangkau bahkan gratis, nantinya masyarakat dapat mematuhi perintah penggunaan masker. Sehingga langkah pencegahan penyebaran Covid-19 dapat maksimal.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi janji akan memberikan masker ke rakyatnya karena negara mewajibkan masyarakat pakai masker saat keluar rumah. Ini disebabkan virus corona di Indonesia kian merebak.

Perintah penggunaan masker tersebut merujuk pada rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Jokowi meminta jajaranya agar ketersediaan masker betul-betul disiapkan. Terlebih, masker tersebut harus sampai langsung ke mulut masyarakat untuk dipakai.

“Saya juga minta penyiapan masker ini sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat. Karena kami ingin setiap warga yang harus keluar rumah itu wajib memakai masker,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas yang disiarkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (6/4/2020).

Jokowi menekankan, setiap masyarakat kekinian diwajibkan memakai masker meski dalam keadaan sehat. Sebab, WHO mewajibkan jika penggunaan masker berlaku bagi si sehat maupun si sakit. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *