Sidak Ke Marelan, Akhyar Imbau Warga Kurangi Aktifitas Diluar Rumah

 

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengimbau masyarakat agar tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak.

Imbauan ini disampaikan langsung Akhyar kepada masyarakat di kawasan Kecamatan Medan Marelan, Minggu (5/4) sekitar pukul 21.00 WIB.

Sebab, Akhyar selaku Komandan Gugus Tugas Penanganan Siaga Darurat Covid-19 Kota Medan melihat aktifitas warga Marelan di luar rumah masih tinggi.

Terbukti saat turun bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19,  warga Marelan masih banyak berada di luar rumah tanpa menghiraukan bahaya Covid-19 yang tengah mengancam.

Akhyar pun langsung mendatangi warga yang masih berkumpul di pinggir jalan, termasuk berada di warung-warung agar segera kembali ke rumahnya masing-masing. Akhyar mengingatkan warga untuk berdiam diri saja di rumah bersama anggota keluarganya.

“Jangan keluar rumah jika tidak terpaksa. Kalau pun harus keluar rumah, gunakan masker dan jaga jarak minimal satu meter dari orang lain. Sudah itu rutin bersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer atau pun sabun ,” kata Akhyar.

Kemudian Akhyar juga mendatangi sejumlah swalayan yang masih ramai di kunjungi warga. Kepada pemilik swalayan, Akhyar minta agar dibuat jarak antara pembeli dengan kasir guna mencegah terjadinya kontak fisik. Lalu minta agar seluruh karyawan swalayan mengenakan masker dan sarung tangan.

“Pemilik swalayan juga harus mewajibkan kepada masyarakat yang datang berbelanja agar mengenakan masker. Jika tidak pakai masker, jangan dikasih masuk!” tegasnya.

Akhyar menegaskan, wabah Covid-19 terus berkembang di Kota Medan. Mengantiiaspi agar tidak tertular virus tersebut, Akhyar mengajak seluruh warga Kota Medan untuk mengenakan masker di mana pun berada.

“Hal ini penting agar kita maupun keluarga tidak tertular Covid-19. Saya menyadari masker saat ini sulit didapatkan di pasar. Tapi kita jangan mati akal, mari gunakan apa yang ada kita miliki seperti sapu tangan. Saya yakin semua pasti memiliki sapu tangan, mari gunakan sapu tangan sebagai masker sehingga dapat membatasi tangan kita agar tidak sering menyentuh mulut dan hidung,” ungkapnya.

Selain warung dan swalayan, Akhyar juga mendatangi pasar. Malam itu para pedagang mulai beraktifitas untuk melakukan transaksi jual beli. Selain mengingatkan agar para pedagang untuk menjaga kesehatan dengan mengenakan masker, juga diingatkan untuk selalu membersihkan tangan dengan sabun untuk mencegah penyebaran Covid-19. Serta selalu menjaga jarak dengan pembeli maupun pedagang lainnya(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *