Cegah Penyebaran Corona, USU Dan Unimed Berlakukan Kuliah Online

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Runtung Sitepu mengeluarkan kebijakan untuk melakukan kuliah online mulai besok, Selasa (17/3/2020),

Dikatakannya, Kebijakan ini merupakan aplikasi instruksi presiden mengenai sekolah dan kampus yang diliburkan karena merebaknya virus ini.

“Mulai Selasa lusa perkuliahan tanpa tatap muka atau dalam jaringan (online). Namun perkuliahan tetap berjalan biasa tapi melalui internet (online) atau dalam jaringan (daring). Kami jadwalkan Senin (hari ini) rapat koordinasi di kampus,” ujar Runtung

Runtung juga menjelaskan, Ia Nantinya juga akan mengeluarkan surat edaran rektor yang berlaku mulai Selasa (17/3/2020)

” Kebijakan perkuliahan melalui sistem daring ini akan berlangsung sampai ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai perkembangan virus Covid-19,” Jelasnya

Tak hanya USU, Mulai Tertanggal 17 Maret (besok) sampai 3 April 2020, proses perkuliahan di Universitas Negeri Medan (Unimed) juga akan berlangsung secara online.

Rektor Unimed Syamsul Gultom mengatakan, sistem perkuliahan di Unimed dialihkan dalam bentuk E-Learning, Vi-Learning, Mailing List, WA Group, Line, Skype atau sejenisnya.

Sedangkan praktikum (laboratorium, bengkel, studio, sanggar, microteaching) akan dilaksanakan dengan bentuk pemberian tugas lain yang relevan sesuai dengan capaian perkuliahan.

Begitu juga dengan perkuliahan lapangan (KKN, PKL, PPL, magang, perkuliahan mahasiswa/dosen) untuk sementara waktu dikompensasi dalam bentuk kegiatan lain. Untuk ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS) dilaksanakan secara online.

” Ujian proposal, ujian tugas akhir, ujian skripsi, tesis dan disertasi, ujian konprehensif, tetap diadakan namun hanya dihadiri oleh mahasiswa yang diuji dan pengujinya yang telah memenuhi protokol WHO atau dilakukan secara online,” jelasnya.

Rektor mengaku, telah mempersiapkan kesiapan dosen dan semua fasilitas agar perkuliahan dalam bentuk daring dapat berjalan secara efektif dan tidak akan mengurangi efektivitas proses perkuliahan. Diharapkan proses ini tetap sesuai dengan capaian perkuliahan setiap mata kuliah.

” Unimed memberlakukan sistem perkuliahan online untuk mencegah penyebaran virus corona di lingkungan kampus ini,” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *