Makanan Ini Dipercaya Bisa Cegah Kerontokan Rambut

Ikan sarden, salah satu sumber omega 3. (Shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Kerontokan rambut memang hal biasa terjadi, terutama pada perempuan. Namun Anda tak perlu khawatir. Faktanya, kebanyakan orang kehilangan sekitar 50 hingga 100 helai rambut setiap hari tanpa disadari.

Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang mudah terlihat. Oleh kKarena itu, wajar saja kalau rambut rontok dapat mengurangi rasa percaya diri.

Nah, Anda juga harus tahu, bahwa kesehatan rambut sesungguhnya juga sangat berpengaruh terhadap makanan yang dikonsumsi. Jadi, penting juga untuk memerhatikan asupan makanan Anda untuk memperbaiki kerontokan rambut.

Salah satu yang bisa Anda konsumsi adalah ikan berminyak yang mengandung asam lemak omega-3. Melansir dari laman Express, sebuah studi dilakukan pada 120 wanita yang mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 serta antioksidan. Kandungan di dalam suplemen itu ternyata mampu mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Antioksidan dapat melindungi molekul tidak stabil dalam tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang diketahui menyebabkan kerusakan sel dan berhubungan dengan efek negatif penuaan, seperti rambut rontok.

Data gizi juga menunjukkan bahwa ikan berminyak merupakan sumber protein, selenium, vitamin D3 dan vitamin B, nutrisi yang dapat membantu rambut menjadi kuat dan sehat. Jenis ikan berminyak termasuk di antaranya ikan salmon, ikan sarden, ikan forel, dan ikan kembung.

Menurut NHS, salah satu obat untuk kebotakan, jenis kerontokan rambut permanen yang terjadi, adalah finasteride dan minoxidil. Pada lelaki, untuk mengatasi kebotakan dapat menggunakan finasteride dan minoxidil. Tetapi perempuan tidak boleh menggunakan finasteride. Ikan berminyak adalah sumber antioksidan yang kuat yang lebih disarankan untuk perempuan alih-alih menggunakan obat.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *