Muscab IOF Medan, Plt Wali Kota Optimis Offroad Bisa Bangkit Lagi

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Indonesia Off- Road Federation (IOF) Kota Medan di Hotel Emerald Garden Medan, Sabtu (29/2).

Diharapkan melalui Muscab ini akan lahir kepengurusan baru yang mampu membawa olahraga off-road ini kembali menggeliat dan berkembang lebih pesat, terutama di Kota Medan.

Mengawali sambutannya, Iswar mengungkapkan, geliat olahraga off-road sempat booming beberapa tahun lalu. Namun kini kegiatan off-road tidak semasif dulu. Ditengarai, salah satu penyebabnya adalah mahalnya harga suku cadang otomotif untuk mendukung olahraga off-road tersebut.

Padahal menurut Iswar, potensi olahraga off-road di Sumut, termasuk Kota Medan masih sangat besar asalkan dikelola secara professional. Apalagi ungkap Iswar, Wagubsu Musa Rajekshah merupakan penggemar olahraga otomotif, sehingga peluang olahraga ini untuk bisa maju dan berkembang sangat besar.

“Bukan tidak mungkin, potensi ini bisa dioptimalkan sehingga menjadi sebuah sajian wisata yang memadukan dunia otomotif dengan keindahan alam di Sumut. Selain untuk menyalurkan hobi berpetulang menyusuri medan yang ekstrim, kegiatan off-road juga kerap diisi dengan memberikan bantuan kemanusiaan ke berbagai daerah yang ditimpa musibah dan sulit dilalui kenderaan biasa,” kata Iswar.

Oleh karenya tegas Iswar, tidak benar jika dikatakan olahraga off-road hanyalah hobi yang bersifat hedonisme dan hanya menghamburkan uang semata. Di samping itu imbuhnya lagi, sensasi berkenderaan dengan mengendarai kenderaan tangguh menyusuri daerah sulit dilalui kenderaan biasa tentunya akan menjadi pengalaman yang sulit dilupakan.

“Saya yakin para pemburu adrenalin akan sangat menikmati wisata yang identik dengan lumpur, sungai, hutan dan berbagai rintangan alamiah di bumi nusantara. Atas dasar itulah saya berharap, para offroader bisa menjadi perintis yang membuka akses jalan ke daerah terpencil yang selama ini jarang dilalui kenderaan roda empat akibat kurangnya infrastruktur jalan. Bukan tidak mungkin perekonomian di daerah terpencil itu akan berkembang menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Selanjutnya Iswar mengucapkan kepada seluruh offroader untuk mengikuti Muscab IOF kota Medan. Dia berharap melalui muscab ini akan lahir pengurus yang mampu memajukan IOF Kota Medan periode 2020-2024.

“Semoga kepengurusan yang terpilih nanti mampu mengemban amanah dengan sebaik-baiknya, jujur serta ikhlas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sehingga IOF Kota Medan semakin maju dan berkembang,” harapnya.

Sebelumnya Ketua Pengda IOF Sumatera Utara Riza Bastaman matondang didampingi Hasanal Haris harahap SSTP selaku Sekretaris Pengda IOF Sumut, mengucapkan terima kasih kepada seluruh offroader yang telah meluangkan waktunya hadir untuk mengikuti muscab. Dia berharap muscab berjalan sukses dan lancar.

Riza menjelaskan, IOF merupakan organisasi yang mewadahi para penggemar offroad, kompetisi, rekreasi dan sosial kemasyarakatan. Dikatakannya, IOF didirikan tahun 1999 di Jakarta dan sampai saat ini telah memiliki pengurus daerah (pengda) di 32 provinsi di Indonesia. Di bidang sosial kemasyarakatan, jelas Riza, IOF memiliki sebuah gerakan komunitas bernama IOF Peduli yang berpartisipasi aktif memberikan bantuan trasportasi logistic dan pertolomngan di daerah yang terkena bencana alam.

Di bidang kompetisi offroad, terang Riza, ada beberapa cabang olahraga yang diatur IOF yakni Racing Offroad, Mud Racing, Rock Crowling serta Gilas Mobil dan Adventure Off Road. “Kegiatan kompetisi ini sudah beberapa kali dilaksanakan di Sumut. Mudah-mudahan event kompetisi seperti ini bisa kita gelar setiap bulannya,” harap Riza seraya menambahkan saat IOF Sumut sudah membentuk 8 kepengurusan cabang yakni pengcab IOF Medan, Binjai, Asahan, Labuhan Batu, Tapsel, Tapteng dan Tanah Karo.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *