Yok Bersepeda, Agar Tubuh Bugar Dan Menghilangkan Stres

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Tren bersepeda telah menjadi gaya hidup sejumlah kalangan masyarakat Indonesia, tak terkecuali di kota Medan.

Satu per satu komunitas pecinta sepeda pun bermunculan, antara lain Griya Raihan Cycling yang resmi dibentuk pada awal tahun 2020 ini sebagai wadah komunikasi dan silaturahmi serta baik untuk kesehatan.

Berdirinya komunitas Griya Raihan Cycling berawal dari niatan untuk berolahraga warga komplek Griya Raihan yg berada di Medan Sunggal. Kegiatan bersepada bersama ini biasa dilaksanakan setiap hari minggunya,” papar Khairil US selaku ketua Griya Raihan Cycling.

Bersepeda di Jalan dengan jarak rata-rata 30-40 KM setiap hari minggunya. β€œNah, ke depan kami mau coba jajal ke Kualanamu naik sepeda,” katanya

Manfaat bersepeda hampir sama tak berujungnya dengan jalur yang Anda lintasi. Bersepeda adalah olahraga yang sehat, berdampak rendah yang dapat dinikmati semua usia, dari anak kecil hingga orang dewasa yang lebih tua. Bersepeda juga menyenangkan, murah dan bagus untuk lingkungan karena tidak mencemari lingkungan.

Berbelanja untuk bekerja atau berbelanja adalah salah satu cara paling efisien waktu untuk menggabungkan latihan rutin dengan rutinitas sehari-hari Anda. Diperkirakan satu miliar orang naik sepeda setiap hari – untuk transportasi, rekreasi, dan olahraga di seluruh dunia.

Selain membuat tubuh Anda bugar, berikut adalah manfaat bersepeda yang harus anda tahu, di antaranya:

1. Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat bersepeda dapat banyak dirasakan tubuh karena hampir semua anggota tubuh dan otot yang terlibat saat Anda bersepeda. Jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

2. Meredam stres

Manfaat olahraga sepeda lainnya adalah tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.
Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh otomatis akan membuat pikiran Anda lebih tenang. Ketenangan pikiran ini ditambah dengan pemandangan baru yang Anda dapatkan saat bersepeda. Kondisi ini membuat penurunan tingkat stres dalam tubuh akan makin terasa.

3. Menjaga berat badan ideal

Manfaat bersepeda yang paling besar adalah membuat kinerja kardiovaskular dan otot Anda menjadi kian optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik dan otot terlatih adalah meningkatnya metabolisme tubuh dan pembakaran kalori.

Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasikanlah kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan gizi seimbang, untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

Selain bersepeda, Anda dapat berjalan-jalan bersama keluarga atau orang tercinta. Dengan bersepeda setiap hari secara rutin, berat tubuh Anda akan menurun dan keinginan Anda untuk diet akan tercapai. Bahkan, Anda tidak hanya akan mendapatkan bentuk tubuh ideal tetapi kulit Anda akan menjadi lebih kencang dan otot kaki Anda menjadi lebih kuat.

4. Menyehatkan tulang

Manfaat bersepeda dapat mencegah Anda mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu mengatasi osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setelah pasien lansia mulai bersepeda, nyeri lutut dan osteoartritis semakin membaik.

5. Merawat kondisi sendi

Sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Manfaat bersepeda didapatkan dari pergerakan yang baik pada persendian karena akan membuatnya menjadi fleksibel. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *