Peneliti Temukan Hiu Bercahaya Dan Cumi Raksasa Berukuran 4 Meter

Hiu laut dalam bisa menyala di dalam gelap. (NIWA/ Profesor Brit Finucci)

MEDANHEADLINES.COM – Kehidupan bawah laut hingga saat ini masih banyak menyimpan misteri yang cukup menarik untuk diteliti. Paling baru, tim peneliti kaget dengan penemuan cumi-cumi raksasa dan hiu bercahaya.

Para peneliti yang tergabung dalam National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA) melakukan ekspedisi untuk mensurvei hoki (Macruronus novaezelandiae), ikan komersial paling bernilai di Selandia Baru.
Untuk mencari ikan hoki, para ilmuwan harus memeriksa area yang dikenal sebagai Chatham Rise.

Itu adalah sebuah area dasar samudra di sebelah timur Selandia Baru yang merupakan bagian dari “benua yang hilang” di Zandia.

Ketika melakukan survei pada ikan hoki, ilmuwan sangat terkejut karena menemukan cumi-cumi raksasa di kedalaman 442 meter bawah laut.

Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan pemandangan unik setelah merekam hiu “bercahaya”.

Hewan tersebut bisa “bercahaya” karena memiliki efek bioluminesensi di laut dalam. Itu berarti sang hiu memiliki fitur keren “glow in the dark” atau “menyala dalam gelap”.

Para peneliti berhasil memotret beberapa spesies hiu yang bisa memancarkan cahaya biru di laut dalam seperti hiu lentera selatan, hiu dogfish lucifer, dan hiu segel (Dalatias licha).

Deretan gambar yang dibagikan berhasil diabadikan oleh Profesor Brit Finucci yang tergabung dalam ekspedisi.
Dilansir dari IFLScience, pada tanggal 21 Januari 2020 pukul 07.30 pagi waktu setempat, ilmuwan mengangkat jaring pukat dari kedalaman 442 meter.

Mereka terkejut setelah melihat tentakel raksasa yang terselip dalam pukat.

Ternyata itu adalah spesies cumi-cumi raksasa dengan panjang 4 meter (lengkap dengan tentakel) serta memiliki berat 110 kilogram.

Ilmuwan lainnya yang bernama Darren Stevens menjelaskan bahwa kemungkinan masih banyak cumi-cumi raksasa lain yang berada pada tempat tersebut.

Cumi-cumi raksasa dengan nama ilmiah Architeuthis dux ini bahkan mempunyai mata berukuran 10 inci atau 25 sentimeter.

“Selandia Baru adalah ibu kota cumi-cumi raksasa di dunia. Beberapa cumi-cumi terbesar di dunia ada pada laut dalam Selandia Baru,” kata Darren Stevens.

Penemuan cumi-cumi raksasa dan hiu “bercahaya” semakin membuktikan bahwa laut dalam menyimpan misteri luar biasa yang sangat menarik untuk disimak. (red/suara.com/HiTekno.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *