Modus Cari Ramuan, Ahli Herbal Palsu Larikan Motor Anak Pasiennya

Keterangan foto: Pelaku setelah diamankan di Polsek Percut Sei Tuan.

MEDANHEADLINES.COM, Medan- Raju alias Das terpaksa merasakan dinginnya lantai ruang tahanan polisi (RTP) Polsek Percut Sei Tuan. Bukan tanpa sebab dia berada di sana. Kakek 57 tahun itu melakukan penipuan dan penggelapan sepeda motor milik Sindu Kusnara (21).

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Aris Wibowo menjelaskan, Raju diringkus Tim Pegasus usai mendapat laporan dari warga, pada Jumat (27/12) sekira pukul 15.20 WIB.

Kata Aris, siang itu Raju dari rumahnya di Jalan Pulau Brayan Korang VII, Kecamatan Medan Barat datang ke rumah korban di Jalan Bantan, Kecamatan Medan Tembung. Dia datang ingin berjumpa Bambang Mulia, ayah korban. Namun, Bambang saat itu lagi sholat sehingga dia menunggu di rumah itu.

Sekira pukul 13.30 WIB, Bambang pulang dan berjumpa dengan Raju. Dia terus mengatakan kepada Bambang “jadi kita obati istri bapak…” tanya Raju, Bambang lalu menjawab, jadi.

“Pelaku ini datang ke rumah korban mengaku sebagai ahli terapi dan ramuan herbal. Dia juga menyebut bisa mengobati istri Bambang yang sedang sakit,” kata Aris kepada medanheadlines.com, Senin (30/12) petang.

Merasa yakin dengan ucapan Raju, Bambang kemudian mengizinkannya untuk mengobati sang istri. Tapi, belum mulai mengobati, Raju mengatakan kepada Bambang bahwa ada satu ramuan yang kurang. Ramuan itu daun pohon duku dan bisa diperoleh di daerah Titi Sewa, Percut Sei Tuan.

Mendengar itu, Bambang menjawab bahwa ia tidak bisa memanjat pohon. Dia menyuruh anaknya (korban) menemani Raju mengambil ramuan itu. Korban kemudian mengeluarkan sepeda motor Honda Scopy warna coklat hitam BK 2104 AHJ dan membonceng Raju.

Setibanya di Titi Sewa, Raju menyuruh korban memanjat pohon dan mengambil daun duku. Pada saat di atas, Raju meminta agar korban melempar kunci sepeda motor ke bawah.

“Alasan pelaku cuma mau menggeser, tapi setelah kunci dipegang ia membawa kabur motor korban,” ungkap perwira lulusan Akpol 2005 itu.

Merasa keberatan, korban berteriak minta tolong. Warga yang mendengar ikut mengejar Raju, sebagian lagi meneruskan informasi ke Tim Pegasus Polsek Percut Sei Tuan. Tim bergerak cepat melakukan pengejaran begitu mendapat informasi.

Pengejaran tak berlangsung lama, sekira pukul 15.30 WIB Tim bersama warga berhasil menangkap Raju di Jalan Pelikan Raya, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Percut Sei Tuan. Selanjutnya Raju berikut barang bukti sepeda motor korban dan koper warna hitam berisikan obat herbal milik Raju dibawa ke markas komando untuk diproses lebih lanjut.

“Saat diinterogasi pelaku mengaku baru pertama kali beraksi. Dia mengatakan saat menunggu di bawah pohon duku itulah baru kepikiran untuk melarikan motor korban. Dan dia juga sebenarkany gak bisa mengobati,” jelas Aris. (Afd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *