Berikan Kemudahan Akses Mobilitas Penyandang Disabilitas, Grab Luncurkan GrabGerak di Kota Medan

 

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, hari ini resmi memperkenalkan layanan GrabGerak di Medan, Sumatera Utara, sejalan dengan misi 2025 ‘Grab For Good’ yang bertujuan ​untuk meningkatkan keterampilan dan menyediakan kesempatan kepada lebih banyak masyarakat Asia Tenggara dalam menyambut masa depan ekonomi digital.

​GrabGerak merupakan sebuah solusi transportasi unik yang didedikasikan untuk mendukung para penyandang disabilitas mendapatkan lebih banyak akses dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari.

Sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Medan untuk mempromosikan hak para penyandang disabilitas di seluruh aspek kehidupan masyarakat, kehadiran GrabGerak diharapkan dapat membantu memudahkan mobilitas dan kegiatan penyandang disabilitas dalam meraih aspirasi dan cita-cita mereka.

Para penyandang disabilitas dapat menikmati layanan transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau. Mitra pengemudi GrabGerak telah menjalani program pelatihan khusus yang mencakup penanganan kursi roda dan perangkat mobilitas lainnya, serta bantuan pemindahan penumpang berkebutuhan khusus dari kursi roda ke dalam kendaraan.

Anindita Rangkuti, Head of 4W Sumatera & Central Java, Grab Indonesia​ ​mengatakan, Suatu kebanggaan bagi kami Grab Indonesia dapat meluncurkan satu fitur terbaru, yaitu GrabGerak yang dikhususkan bagi teman-teman disabilitas.

“GrabGerak merupakan suatu bukti nyata dari misi kami 2025 ‘GrabForGood’ untuk memberikan sebanyak mungkin dampak positif bagi semua orang, tanpa terkecuali. Kami berharap dengan diperluasnya jangkauan GrabGerak di kota Medan ini, Grab bisa melayani lebih banyak penyandang disabilitas di Tanah Air”. Pungkasnya

Di kota Medan, saat ini Grab menyediakan 200 armada GrabGerak dimana 200 mitra pengemudi GrabGerak yang beroperasi pada tahap peluncuran telah melalui proses pelatihan khusus seputar kesetaraan dan layanan bagi penyandang disabilitas, serta pengetahuan mengenai keamanan mendasar yang dilakukan oleh pelatih bersertifikat.

Muhammad Yusuf, Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sumatera Utara ​menyampaikan, sangat mengapresiasi Grab yang telah merangkul penyandang disabilitas ke dalam ​platform m​ereka.

“Penyandang disabilitas membutuhkan lebih banyak dukungan akses mobilitas yang lebih memadai di berbagai fasilitas umum dan transportasi publik. Kami percaya ini adalah salah satu langkah penting untuk mewujudkan masyarakat yang inklusif dan toleran. Saya merasa bersyukur atas kehadiran GrabGerak, karena dengan adanya layanan ini bisa membantu mobilitas teman-teman disabilitas. Harapan saya, GrabGerak ini bisa meningkatkan kualitasnya dari segi mitra pengemudi nya.” Ungkapnya

Senada dengan Yusuf, Muhammad Faisal yang merupakan salah seorang Mitra Pengemudi GrabGerak Medan mengatakan, Merasa sangat senang serta bangga dapat menjadi salah satu mitra pengemudi GrabGerak.

“Banyak hal positif dan pelajaran moral yang saya dapatkan ketika saya bergabung di sini. Saya sangat terinspirasi setiap kali saya mendapatkan penumpang penyandang disabilitas. Saya melihat tekad dan semangat mereka selalu memotivasi saya untuk menjadi orang yang lebih baik dan terus membantu dalam mempermudah kehidupan sehari-hari mereka. Sebagai mitra pengemudi GrabGerak, kami telah mengikuti pelatihan tambahan tentang cara membantu penumpang penyandang disabilitas terutama yang menggunakan kursi roda. Saya sangat bangga dapat mempelajari keterampilan-keterampilan tambahan tersebut untuk membantu orang lain yang membutuhkan.” Ujarnya

Para penumpang yang berkebutuhan khusus dapat memesan layanan GrabGerak langsung melalui aplikasi Grab dengan langkah-langkah berikut:
● Buka aplikasi Grab dan masukkan lokasi tujuan
● Pilih GrabGerak (di bawah kategori ‘Transportasi’) pada layar pemesanan
● Grab akan membantu Anda menemukan mitra pengemudi GrabGerak
terdekat
● Konfirmasi bahwa Anda telah terhubung dengan mitra pengemudi kami
● Anda siap berangkat

“GrabGerak melengkapi layanan Grab yang telah tersedia di Medan saat ini, yaitu GrabCar, GrabBike, GrabFood, dan GrabExpress. Ke depannya, Grab akan terus bekerja sama dengan para mitra untuk meningkatkan layanannya dan memberikan pelatihan ke lebih banyak mitra pengemudi. Pada penghujung tahun ini, sebanyak 400 mitra pengemudi akan mendapatkan pelatihan GrabGerak,” tutup Anindya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *